Sukses

4 Kuliner Legendaris Sekitar Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo kerap menjadi jujukan para wisatawan maupun masyarakat lokal.

Liputan6.com, Solo - Pasar Klewer menjadi salah satu pusat perdagangan batik yang cukup populer. Lokasi pasar yang berdiri sejak 1970 ini berada di Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Baluwarti.

Selain legendaris, aneka batik yang dijajakan di pasar ini juga terkenal murah meriah. Tidak heran, Pasar Klewer Solo kerap menjadi jujukan para wisatawan maupun masyarakat lokal.

Selain berwisata belanja, pengunjung pasar Klewer juga dapat menikmati berbagai kuliner legendaris di sekitar pasar ini. Pasalnya, di sekitar Pasar Klewer ada beragam kuliner legendaris yang terkenal lezat dan menggoyang lidah.

Cocok disantap setelah lelah berbelanja di Pasar Klewer. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa kuliner Pasar Klewer yang melegenda

1. Tengkleng klewer Bu Edi

Tengkleng menjadi salah satu kuliner Solo yang wajib dicoba kala berkunjung. Menu makanan ini berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel ditambah jeroan maupun kikil.

Aneka isian tersebut kemudian disiram dengan kuah encer. Salah satu tengkleng legendaris di sekitar Pasar Klewer adalah warung makan Tengkleng Klewer Bu Edi.

Warung makan yang sudah berjualan sejak 1971 ini berada di Jalan Dr. Radjiman, Kauman, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon atau sekitar 5 menit jalan kaki dari Pasar Klewer. Menu tengkleng di warung ini memiliki cita rasa yang istimewa, dengan wangi rempah-rempah yang khas.

Selain itu, daging, jeroan dan kikil yang disajikan tidak alot maupun berbau amit. Selain tengkleng, warung Bu Edi ini juga menyajikan satai kambing dan tongseng.

Aneka menu tengkleng di sekitar Pasar Klewer ini dibanderol mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Warung tengkleng legendaris ini buka setiap hari, mulai pukul 11.30 hingga 15.30 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sate Pak Min Sithong

2. Sate Pak Min Sithong

Kuliner legendaris di sekitar Pasar Klewer selanjutnya adalah Sate Pak Min Sithong. Warung makan Tongseng Buntel Pak Min Sithong sudah berjualan sejak 1950-an.

Menu andalan tempat makan ini adalah krengsengan ekor kambing. Krengsengan hampir serupa dengan sajian tengkleng pada umumnya, bedanya sajian ini memiliki sedikit kuah.

Selain krengsengan ekor kambing yang empuk, warung makan ini juga menyajikan berbagai olahan kambing lainnya. Aneka menu di warung makan ini dibanderol mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 55.000.

Sate Pak Min Sithong berada di Jalan Kapten Mulyadi No. 287, Pasar Kliwon. Warung makan ini buka setiap Senin sampai Sabtu, mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

3. Selat Gajahan

Tentu kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Solo, tanpa mencicipi selat. Selat merupakan salah satu kuliner tradisional khas Solo yang terbuat dari daging sapi.

Daging sapi diiris tipis lalu diguyur dengan kuah semur. Seporsi selat disajikan bersama dengan kentang goreng, telur pindang, acar mentimun, selada, tomat serta wortel dan buncis yang sudah direbus.

Salah satu warung selat di sekitar Pasar Klewer yang dapat dikunjungi adalah Selat Gajahan. Selat Gajahan berada di Jalan Padmonegoro No. 5, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon.

Aneka menu di warung makan ini dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per porsinya. Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

4. Gule Goreng Pak Samin

Kuliner legendaris sekitar Pasar Klewer selanjutnya adalah Gule Goreng Pak Samin. Jika gulai umumnya disajikan dengan kuah yang melimpah, berbeda dengan sajian gulai khas warung makan yang berjualan sejak 1967 ini.

Seperti namanya Warung Gule Goreng Pak Samin ini menyajikan gulai dengan tampilan berbeda. Jeroan kambing digoreng terlebih dahulu dengan bumbu khusus, sehingga memunculkan cita rasa yang khas.

Penyajian dari Gule Goreng Pak Samin ini disajikan dalam dua piring, satu untuk jeroan gorengnya. Sedangkan, satunya lagi untuk kuah santan kuning seperti kuah gule biasanya.

Gule Goreng Pak Samin berada di Jalan Ronggowarsito No. 8 atau ditempuh 5 menit menggunakan kendaraan. Kuliner legendaris sekitar Pasar Klewer ini buka setiap hari, mulai 07.00 hingga 16.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.