Sukses

Jurus Menpora Antisipasi Kecurangan Tuan Rumah di ASEAN Para Games Kamboja

Menpora Dito Ariotedjo telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dilakukan tuan rumah saat ajang ASEAN Pare Games 2023. Pasalnya berdasarkan pengalaman sebelumnya tuan rumah sempat melakukan kecurangan pada SEA Games 2023.

Liputan6.com, Solo - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam pesta olahraga ASEAN Para Games Kamboja XII 2023. Pasalnya saat pesta olahraga SEA Games 2023 lalu ditemukan berbagai kecurangan yang dilakukan tuan rumah Kamboja.

"Pengalaman kemarin kita di SEA Games Kamboja memang tuan rumah banyak ketidakadilan tapi saya sudah sampaikan tidak menyurutkan teman-teman SEA Games tetap berjuang," kata Menpora usai mengukuhkan kontingen Indonesia ASEAN Para Games Kamboja 2023 di Balai Kota Solo, Senin, 29 Mei 2023.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu meminta kepada para atlet yang bakal bertanding di ASEAN Para Games Kamboja untuk memiliki semangat juang yang lebih tinggi dibandingkan para atlet SEA Games lalu. Oleh sebab itu, ia pun yakin para atlet penyandang disabilitas itu sudah melakukan persiapan dengan matang.

"Saya rasa terkait dengan persiapan dan potensi jauh lebih tinggi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabor Paraatletik Rawan Terjadi Kecurangan

Sementara itu Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia dalam ASEAN Para Games 2023 Andi Herman mengatakan sejumlah kecurangan yang terjadi saat SEA Games 2023 lalu telah masuk dalam catatan tim Indonesia. Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pada ASEAN Para Games 2023 Kamboja, saat ini, pihaknya telah memberangkatkan tim CdM lebih awal ke Kamboja.

“Tim Indonesia sudah melakukan rapat technical meeting di Kamboja. Kita sudah memastikan semua perangkat maupun mekanisme itu dilakukan sesuai dengan ketentutan dan SOP yang ada. Ini bagian dari antisipasi kita untuk mengantisipasi apabila ada hal-hal di luar perkiraan kita,” ujarnya.

Adapun cabang olahraga yang rawan terjadinya kecurangan dalam ASEAN Para Games 2023, disebutkan dia, yakni dari cabang olahraga paraatletik. Cabang olahraga tersebut sangat rawan karena dipertandingan banyak nomor.

"Kalau yang sifatnya pertandingan rally point itu agak sulit ya (untuk dicurangi). Tapi yang sifatnya terukur peran wasit, perangkat pertandingan itu sudah kita antisipasi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.