Sukses

Ikut Lomba Lari Bonus Spot Wisata Gunung Merapi yang Menarik, Begini Caranya

Acara ini akan diikuti 2.500 peserta yang hadir dari seluruh penjuru Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kawasan wisata Gunung Merapi merupakan salah satu tempat tujuan wisata populer saat akhir pekan tiba. Wisatawan dapat melihat pemandangan megahnya Gunung Merapi sekaligus lanskap alam Kota Yogyakarta dari ketinggian ditemani udara segar.

Selain itu, ada juga berbagai tempat wisata menarik di kawasan wisata ini, mulai dari aneka tempat foto estetik hingga tempat wisata yang menantang adrenalin. Tidak heran, kawasan wisata Gunung Merapi selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Namun, kini ada cara baru untuk menikmati cantiknya pemandangan alam di Kawasan Wisata Gunung Merapi, yakni dengan lomba lari. Sport tourism bertajuk Ambarrukmo Volcano Run bakal digelar di Museum Gunung Api Merapi Sleman Yogyakarta pada Minggu (28/5/2023).

Berbeda dengan lomba lari marathon pada umumnya, Ambarrukmo Volcano Run mengajak para peserta berlari sambil menikmati pemandang alam. Nantinya, para peserta perhelatan ini akan melati rute dengan spot-spot menarik, mulai dari hamparan sawah, kebun salak, desa wisata hingga air terjun,

Acara ini akan diikuti 2.500 peserta yang hadir dari seluruh penjuru Indonesia. Setidaknya ada 3 kategori yang dilombakan dalam acara Ambarrukmo Volcano Run 2023 ini, yakni kategori 5K, 10K, dan 21 K.

Harga tiket yang dijual dibanderol harga mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 550.000 per peserta. Mekar Wijaya selaku Race Director UNICONE mengatakan pemenang lomba lari Ambarrukmo Volcano Run 2023 ini juga lebih banyak.

"Pemenang terdiri dari 2 kelompok yaitu men open dan female open yang di setiap kategori ada," kata Wijaya.

Ia juga menambahkan ada juga kategori master, yaitu usia diatas 50 tahun. Kelompok ini diperuntukan pelari senior yang masih aktif dan bisa berpartisipasi, sehingga total ada 36 pemenang dari 12 pemenang di setiap rute.

Fasilitas yang diberikan Ambarrukmo untuk peserta tidak hanya sebatas keindahan rute, tetapi mencakup banyak hal. Peserta berhak untuk memiliki official jersey, nomor BIB, exclusive bag, food & beverage vouchers, asuransi, layanan medis & fisio, refreshment, doorprizes dan masih banyak lagi.

Selain memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah dan berbagai doorprize menarik, Ambarrukmo juga menggandeng UMKM dari Padukuhan Banteng dan sekitarnya untuk menyajikan jajanan khas lokal yang bisa dinikmati oleh peserta lomba.

Kemudahan transportasi pun juga ditawarkan Ambarrukmo dengan menyediakan shuttle bus dari Plaza Ambarrukmo menuju Museum Gunung Api Merapi. Volcano Run lahir pada tahun 2019 dan diprakarsai oleh komunitas lokal yakni Ubur Ubur Lari.

Seiring berjalannya waktu, Ambarrukmo dan Ubur-Ubur Lari menemukan kecocokan visi dan misi dalam penyelenggaraan acara. Keinginan untuk memajukan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui sport-tourism dan ekonomi menjadi kunci utama. Acara ini juga diharapkan bisa menyemarakkan pertumbuhan pariwisata secara umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.