Sukses

Wasit Qasim Matar Ali Al-Hatmi dan Drama 7 Kartu Merah, Pimpin Laga Final Sepak Bola SEA Games 2023

Laga final sepak bola SEA Games 2023 dipimpin wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al-Hatmi.

Liputan6.com, Jakarta - Laga final sepak bola SEA Games 2023 mempertemukan Timnas U-22 Indonesia vs Thailand, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023). Tim Garuda Nusantara mengalahkan Timnas Thailand U-22 di final dengan skor 5-2.

Sebelumnya, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Thailand dalam waktu normal Pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia unggul 2-0 atas Thailand dengan gol yang dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-21 dan 45+3'.

Namun, pada babak kedua, Thailand mengurung lini pertahanan Indonesia dan berhasil memperkecil kedudukan melalui Anan Yodsangwal pada menit ke-66. Thailand kemudian berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak oleh Chayapipat Supunpasuch pada menit ke-90.

Setelah bermain imbang di waktu normal, pertandingan berlanjut ke babak tambahan. Di babak tambahan waktu, Indonesia mencetak tiga gol melalui Irfan Jauhari Fajar Fatur Rahman dan Beckham Putra.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia menjadi juara cabang olahraga sepak bola Putra dan berhasil membawa pulang medali emas.

Laga final sepak bola SEA Games 2023 dipimpin wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al-Hatmi. Qasim di penyisihan grup sudah bertugas, terutama di pertandingan penyisihan Grup A.

Namun, Qasim tidak memimpin pertandingan yang melibatkan Indonesia di fase grup. Ada dua laga yang dipimpin Matar Ali di Grup A lalu, yaitu partai Timor Leste vs Filipina dan Myanmar vs Kamboja.

Mengutip Soccerway, Qasim Matar Ali Al-Hatmi adalah seorang wasit sepak bola asal Oman yang lahir pada 11 Desember 1990.

Ia telah memimpin beberapa pertandingan sepak bola, termasuk di Liga Champions AFC pada 2022.

7 Kartu Merah

Wasit Matar Ali Al-Hatmi Qasim mengeluarkan tujuh kartu merah dalam laga itu. Awalnya, dia memberikan empat kartu merah, masing-masing dua untuk ofisial Thailand, satu buat Soponwit Rakyart, dan satu untuk Komang Teguh.

Pada menit ke-102, Matar Ali kembali mengeluarkan kartu merah dari sakunya setelah mengganjar kartu kuning kedua untuk bek Thailand, Jonathan Kemdee.

Dua menit sebelum babak tambahan kedua berakhir, Matar Ali kembali mengusir pemain Thailand. Gara-gara melanggar pemain Timnas Indonesia, Teerasak Poeiphimai mendapatkan kartu kuning kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini