Sukses

Pelindo Ajak Pelaku UMK Belajar Tren Industri Terbaru di Event Internasional

PT Pelindo mengajak para pelaku UMK binaan untuk tampil sekaligus mempelajari berbagai tren industri terbaru di event internasional.

Liputan6.com, Denpasar - Para pelaku usaha kecil dan menengah (UMK) mengapresiasi dukungan berbagai pihak yang terus mendorong UMK untuk tampil di ajang nasional maupun internasional. Melalui berbagai event-event internasional, UMK dapat memperluas pasar dan memperkenalkan merek mereka ke khalayak yang lebih luas. Pelaku usaha juga belajar tentang tren industri terbaru, teknologi, dan praktik terbaik dari peserta lain dan ahli di bidangnya.

“Kami beberapa kali difasilitasi untuk memperkenalkan produk di event global. Misalnya di acara G-20 di Bali, dan yang terbaru di ajang KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pada kesempatan itu, kami berinteraksi dengan pengunjung dari berbagai negara sehingga memahami selera dan tren terbaru,” ujar Indra Cahyani, pelaku UMK sekaligus pemilik Baline Chocolate, melalui siaran pers, Selasa (16/5/2023).

Baline Chocolate bersama Bugar Herbal dan Agradaya Indonesian Herbs and Spices Artisan merupakan tiga UMK binaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang ambil bagian di side event KTT ASEAN 2023. Ketiganya membuka booth lewat SME's HUB di Marina Waterfront Labuan Bajo, pada 9-13 September 2023.

Di ajang itu terdapat 50 pelaku UMKM yang terlibat dan menawarkan berbagai produk lokal, mulai dari makanan dan minuman khas, kain tenun, kerajinan tangan etnik, dan sejumlah produk lainnya. Umumnya mereka sudah melewati seleksi ketat. Sepuluh diantaranya merupakan UMKM lokal dan 40 lainnya adalah UMKM binaan Rumah BUMN dan kementerian lainnya.

“Kami mengikutsertakan UMK terbaik yang sudah melalui seleksi internal dan telah mengikuti program pengembangan UMK Pelindo seperti Program Gedor Ekspor. Dengan demikian, mereka siap tampil di ajang nasional maupun Internasional,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono.

Upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMKM juga menjadi perhatian Menteri BUMN Erick Thohir. Salah satu dukungan yang diberikan adalah dengan memfasilitasi keberadaan UMKM di kawasan wisata Labuan Bajo. Menurutnya, nilai kehadiran 'Bali Baru' mutlak diperlukan melihat pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia telah menjadi sumber yang menjanjikan.

“UMKM merupakan ujung tombak dari pondasi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu Kementerian BUMN dan lembaga lainnya bersinergi untuk fokus pada pembinaan, pasar dan pembiayaan.” katanya. 

Erick optimistis dukungan seperti memfasilitasi UMK pilihan berpartisipasi di SME’s HUB KTT ASEAN 2023 dapat membantu UMKM meningkatkan daya saing sekaligus membuka akses pasar global sehingga bisa mendorong UMKM Tanah Air mendunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.