Sukses

6 Kuliner Nganjuk yang Terkenal Lezat Menggoyang Lidah

Berikut kuliner Nganjuk yang terkenal lezat menggoyang lidah

Liputan6.com, Nganjuk - Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dijuluki sebagai kota angin. Letaknya yang cukup strategis, membuat para wisatawan kerap singgah di kabupaten ini.

Nganjuk juga memiliki beragam tempat wisata menarik, mulai dari tempat bersejarah hingga beragam agrowisata menarik. Selain itu, Nganjuk juga dikenal memiliki beragam kuliner menarik yang terkenal lezat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kuliner Nganjuk yang terkenal lezat menggoyang lidah.

1. Nasi tumpang

kuliner Nganjuk yang paling populer dan diburu wisatawan adalah nasi tumpang. Makanan khas Nganjuk ini hampir serupa dengan pecel tumpang khas Kediri.

Keduanya memang berbahan dasar sambal tumpang atau tempe yang difermentasi. Namun, nasi tumpang di Nganjuk disajikan nasi hangat, daun kulup dan disiram kuah yang melimpah.

2. Nasi becek

Nasi becek adalah hidangan khas yang berasal dari Nganjuk selanjutnya. Di tempat asalnya hidangan ini dikenal dengan nama Sego Becek.

Rasanya yang khas membuat makanan ini sangat diminati dan menjadi salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di sana. Sekilas, nasi becek hampir mirip dengan kari.

Namun nasi becek disajikan seperti soto babat pada umumnya, lengkap dengan irisan kubis, kecambah, dan potongan daging atau babat. Perpaduan rasa kari inilah yang membuat sajian kuliner Nganjuk ini istimewa.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asem-Asem Kambing

3. Asem-asem kambing

Asem-asem kambing menjadi kuliner Nganjuk yang wajib dicicipi saat singgah selanjutnya. Makanan legendaris ini terbuat dari daging kambing yang diolah bersama daun kedondong dan aneka rempah.

Rasa asam dari daun kedondong bercampur aneka rempah menjadikan kuliner nganjuk ini bercita rasa segar dan menggoyang lidah. Umumnya, para penjual asem-asem kambing masih memasak dengan cara tradisional.

Cara memasak yang masih dipertahankan inilah membuat sajian makanan khas ini lezat dan nikmat.

4. Dumbleg

Dumbleg ini adalah salah satu makanan khas Kota Nganjuk yang berbentuk seperti dodol. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan tentunya santan kelapa.

Namun, bisa juga kita buta dari bahan tepung beras. Makanan khas Nganjuk ini memiliki cita rasa yang dominan manis dan legit. Dumbleg dapat dengan mudah ditemukan di pasar gondang.

5. Sego banting

Sego banting merupakan salah satu makanan khas Kota Nganjuk yang sayang jika dilewatkan. Sego banting hampir mirip dengan sego kucing.

bedanya, sego banting memiliki porsi yang jauh lebih banyak dan cukup mengenyangkan. Selain itu, di dalam sego banting juga telah ditambahkan cabai merah. Cocok untuk para wisatawan pecinta pedas.

6. Nasi jagung sedudo

Nasi jagung sedudo menjadi ikon kuliner tempat wisata Air Terjun Sedudo. Para penjual nasi jagung di Sedudo sudah berjualan sejak puluhan tahun lamanya.

Seporsi nasi jagung dalam wadah pincuk daun pisang ditambah sayuran matang, sambal kelapa, ikan asin, dan rempeyek, siap memanjakan lidah. Cita rasanya makin sedap jika dinikmati sambil melihat pemandangan Air Terjun Sedudo dan sejuknya udara pegunungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.