Sukses

Waduk Pondok Ngawi, Tawarkan Keindahan Alam dan Spot Foto Menarik

Setiap tahunnya, masyarakat setempat mengadakan upacara tradisional keduk beji.

Liputan6.com, Ngawi - Waduk Pondok merupakan salah satu bendungan di Kabupaten Ngawi yang sekaligus menjadi destinasi wisata. Waduk ini berlokasi di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Menawarkan keindahan dan suasana asri, waduk ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata keluaga yang terjangkau dan menyenangkan. Keindahan panorama air dan perbukitannya memang menjadi daya tarik destinasi wisata ini.

Tak jarang, para pengunjung juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi memancing. Mengutip dari bappelitbang.ngawikab.go.id, terdapat banyak ikan di Waduk Pondok, seperti ikan tawes, ikan tombro, dan ikan bandeng. Tak heran jika para pemancing sering beraktivitas di sini.

Tak hanya sebagai destinasi wisata Ngawi, tempat ini juga menjadi salah satu lokasi dilakukannya ritual upacara. Setiap tahunnya, masyarakat setempat mengadakan upacara tradisional keduk beji.

Mengutip dari warisanbudaya.kemdikbud.go.id, tradisi keduk beji adalah sebuah upacara adat membersihkan sendang (danau). Upacara ini diadakan setiap usai panen pada Selasa Kliwon.

Selain itu, beberapa kegiatan menarik dan meriah lainnya juga sering dilaksanakan di sini. Karena sering didatangi pemancing, Dinas Pariwisata pun melakukan lomba memancing sebagai salah satu upaya memperkenalkan objek wisata ini.

Sebagai salah satu tempat rekreasi bagi keluarga, pengelola Waduk Pondok Ngawi juga menyiapkan fasilitas penunjang lainnya, seperti wisata air lengkap dengan perahu motor, arena pemancingan taman wisata, gardu pandang, warung makan dan minum, arena motor cross, hingga balai wisata. Tak lupa, juga terdapat banyak spot foto menarik, salah satunya jembatan selfie.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini