Sukses

Bisa Bikin Kulit Kencang, Ini Tips Merawat Wajah dengan Es Batu

Selain bermanfaat untuk mendinginkan minuman dan makanan, es batu juga bisa bermanfaat untuk perawatan wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Es batu tak hanya berfungsi untuk mendinginkan minuman atau makanan. Ternyata es batu juga memiliki banyak manfaat untuk wajah, lho.

Ada banyak cara untuk membuat wajah menjadi lebih sehat. Sampai saat ini, penggunaan skincare dari berbagai produk lokal maupun internasional menjadi salah satu caranya.

Di samping itu, perawatan wajah sederhana dengan mencuci muka juga dapat membantu membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Tapi pernahkah kamu mencoba melakukan perawatan menggunakan es batu.

Ya, es batu yang biasa kamu gunakan untuk membuat minuman dingin juga bisa digunakan untuk merawat kulit wajah. Asal tidak digunakan secara berlebihan, kamu bisa membuat kulit wajah lebih kencang dengan es batu.

Apa saja manfaat es batu untuk kulit wajah? Berikut ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Manfaat Es Batu untuk Wajah

1. Meredakan Pembengkakan dan Kemerahan

Es batu bisa membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada wajah yang disebabkan oleh alergi, jerawat, atau masalah kulit lainnya.

2. Mengencangkan Kulit

Penggunaan es batu pada wajah dapat membantu mengencangkan kulit, karena suhu dingin dari es batu dapat merangsang pembuluh darah dan memperkuat elastisitas kulit.

3. Mengurangi Kebas dan Mati Rasa

Jika mengalami kebas atau mati rasa pada wajah, kamu bisa mencoba mengompres wajah dengan es batu. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi gejala tersebut.

4. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Es batu juga bisa membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata dengan merangsang peredaran darah pada daerah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat Mencuci Muka dengan Es Batu

1. Setelah Bangun Tidur

Mencuci muka dengan es batu setelah bangun tidur dapat membantu mengurangi pembengkakan pada wajah yang terjadi karena kurang tidur atau lelah.

2. Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, suhu tubuh dapat meningkat, dan mencuci muka dengan es batu dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan mengurangi keringat yang menyumbat pori-pori.

3. Sebelum Menggunakan Makeup

Mencuci muka dengan es batu sebelum menggunakan makeup dapat membantu membuat riasan tahan lebih lama dan mengurangi produksi minyak pada wajah.

4. Setelah Menggunakan Masker

Setelah menggunakan masker, kulit wajah dapat menjadi kering dan teriritasi. Mencuci muka dengan es batu dapat membantu menenangkan dan menghidrasi kulit yang teriritasi.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Es Batu untuk Merawat Wajah

1. Cuci Waajah dengan Air Hangat

Karena suhu dingin tidak mampu membuat kulit wajah bersih secara maksimal. Ini disebabkan minyak pada wajah tidak akan larut dengan air dingin.

Jadi sebaiknya cuci muka seperti biasa dengan air hangat atau suam-suam kuku terlebih dahulu. Dan lakukan setiap hari atau dua kali sehari.

2. Gunakan Sabun Muka Sesuai Kondisi Kulit

Pastikan juga untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit. Bilas sampai bersih.

3. Akhiri Dengan Membilas Wajah dengan Air Es

Membilas wajah dengan air es di akhir rutinitas mencuci wajah dapat membantu mengencangkan pori-pori. Selain itu, air es juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

Nah, itu dia ulasan lengkap manfaat hingga cara mencuci wajah dengan menggunakan air es. Untuk membuat hasilnya semakin maksimal, gunakan produk perawatan kulit favoritmu setelahnya, ya.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.