Sukses

Mudik Idul Fitri 1444 H, Puncak Lonjakan Penumpang di Bandara Pekanbaru Diprediksi H-2 Lebaran

Bandara Sultan Syarif Kasim II telah mempersiapkan pelaksanaan mudik Lebaran Idul Fitri karena lonjakan penumpang sudah mulai terjadi pada 12 April dan diprediksi berlangsung hingga 3 Mei 2023.

Liputan6.com, Pekanbaru - Bandara Sultan Syarif Kasim II telah mempersiapkan pelaksanaan mudik Lebaran Idul Fitri. Lonjakan penumpang sudah mulai terjadi pada 12 April dan diprediksi berlangsung hingga 3 Mei 2023.

Executive General Manager Bandara SSK II M Hendra Irawan menjelaskan, persiapan menyambut mudik oleh pihaknya dimulai dari sistem, personel, infrastruktur dan fasilitas.

"Mulai H-10 hingga H+10 Bandara Pekanbaru sudah siap," kata Irawan, Rabu siang, 12 April 2023.

Irawan memprediksi trafik penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru pada tahun ini akan mencapai 1.517 atau meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara, untuk jumlah penumpang, Irawan menyebut akan mencapai 191.986 orang atau tumbuh sebesar 24% dibandingkan angkutan lebaran tahun lalu.

Irawan menjelaskan, hingga 20 hari Ramadan lalu memang terjadi penurunan trafik, baik pesawat maupun penumpang, karena memang secara historis memasuki masa low season.

Adapun trafik pesawat dan penumpang rata-rata mengalami penurunan sebesar 13 persen dari hari biasanya, akan tetapi diprediksi akan mulai mengalami peningkatan memasuki masa angkutan lebaran akhir minggu ini.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Baru

Irawan menyatakan, puncak arus mudik sendiri diperkirakan terjadi pada H-2 di mana pergerakan pesawat akan mencapai 76 penerbangan dan penumpang akan mencapai 10.004 orang.

"Sedangkan arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+2 dengan prediksi pergerakan pesawat mencapai 74 movement dan pergerakan penumpang mencapai 10.631 pax dan akan terus berlanjut sampai dengan H+10," ungkap Irawan.

Irawan menambahkan, secara umum untuk sistem, infrastruktur dan fasilitas dalam kondisi baik dan siap melayani angkutan lebaran 2023. Pihaknya melakukan berbagai kesiapan di antaranya penyusunan rencana operasional, rapat koordinasi kesiapan bersama seluruh stakeholder.

"Juga telah dilakukan inspeksi keamanan penerbangan dan ramp check kesiapan peralatan ground handling serta angkutan udara," jelas Irawan.

Pada masa angkutan lebaran tahun 2023 ini, tambah Irawan, terdapat 1 penerbangan baru yang akan beroperasi yaitu Pelita Air mulai tanggal 12 April 2023. Selanjutnya ada 6 extra flight meliputi Citilink tujuan Batam dan Kualanamu, Lion Air untuk tujuan Batam.

"Frekuensinya 1 kali sehari dan Super Air Jet tujuan Soekarno-Hatta 2 kali sehari," ujar Irawan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini