Sukses

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup 17-27 April 2023, Kawasan Wisata Tetap Buka

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup sementara mulai 17-27 April 2023.

 

Liputan6.com, Jakarta - Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup sementara mulai 17-27 April 2023. Hal itu diungkapkan pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Agus Deni mengatakan, selama kurun itu jalur pendakian dengan pintu masuk di Gunung Putri, Cibodas, dan Salabintana-Sukabumi ditutup.

"Penutupan dilakukan sebelum dan sesudah Lebaran. Jalur kembali dibuka sepekan setelah Lebaran atau tanggal 28 April," katanya, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan bahwa penutupan sementara jalur pendakian antara lain dilakukan untuk keperluan ekosistem. Selain itu, cuaca diprakirakan buruk dan sebagian besar petugas sedang libur untuk merayakan Lebaran 2023.

Ketentuan mengenai penutupan sementara jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrangro, menurut Deni, tertuang dalam Surat Edaran Balai Besar TNGGP Nomor: SE.04/BBTNGGP/Tek.2/04/2023 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Wisata Tetap Buka

Agus menjelaskan, jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango setiap Hari Raya Idul Fitri ditutup, tetapi petugas keamanan tetap disiagakan untuk berjaga di jalur pendakian.

"Pengamanan tetap dilakukan. Bahkan, selama penutupan dilakukan warga sekitar sangat membantu petugas, terutama dalam mencegah pendakian ilegal. Harapan kami tidak ada lagi pendaki yang melakukan pelanggaran saat dilakukan penutupan," katanya.

Sementara itu, tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Komodo tetap dibuka untuk umum pada hari raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.