Sukses

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Akui Kehebatan Ida Dayak Usai Saksikan Langsung Proses Pengobatan

Nama Ida Dayak menjadi sorotan banyak orang usai beragam video penyembuhannya viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ida Dayak menjadi sorotan banyak orang usai beragam video penyembuhannya viral di media sosial. Wanita bernama lengkap Ida Andriyani dikenal sebagai mantri pengobatan alternatif yang mampu menyembuhkan beragam penyakit, mulai dari patah tulang, tulang bengkok, hingga orang yang tidak mampu berjalan dengan sekali urut bisa jalan kembali.

Uniknya, saat melakukan pengobatan, Ida kerap mengenakan pakaian adat dayak dan tidak pernah meminta pungutan uang sepeser pun alias gratis. 

Aksi penyembuhan Ida Dayak mengundang perhatian banyak pesohorm salah satunya adalah mantan Panglima TNI Andika Perkasa. Dari tayangan video TikTok @belinya_disini38, yang beredar luas, Andika dan keluarganya sempat menyaksikan pengobatan Ida Dayak. Dalam video tersebut, Ida tampak sedang melakukan pengobatan terhadap seorang pria.

Andika merasa takjub dengan perempuan asal Pasir Belengkong, Kabupaten Paser itu, saat dirinya membacakan mantra dan melakukan penyembuhan.

 

"Alhamdulillah, terima kasih Bapak Andika Perkasa dan Ibu Hetty yang telah mendatangkan Ibu Ida Dayak," tulis keterangan di video yang beredar tersebut.

Video itu pun mengundang reaksi warganet, tak jarang dari mereka memuji aksi Ida Dayak dan menyebutnya sebagai 'the real' pahlawan bagi masyarakat. Warganet juga berkeinginan bisa bertemu langsung dengan Ida Dayak dan melakukan pengobatan.

Andika yang melihat langsung proses pengobatan itu menyebut, Ida Dayak punya jam terbang tinggi sehingga dengan cepat mampu mengidentifikasi penyakit pasien.

"Kita lihat sendiri, dia punya skill, kalau dilihat dari jam terbang sudah banyak sekali. Identifikasi masalah cepat sekali, langsung memutuskan ini 2 menit atau 7 menit, begitu banyak jam terbang yang beliau lakukan," kata Andika.

Tak hanya Andika Perkasa, sebelumnya Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono juga mengakui kehebatan Ida Dayak. Bahkan dirinya proses penyembuhan yang dilakukan Ida Dayak sangat ajaib.

"Terbukti semua, bahwa bisa menyembuhkan, sesuatu yang ajaib. Yang merupakan kearifan lokal yang harus kita angkat sebagai tradisi yang unggul," katanya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengobatannya Selalu Ramai

Sebelumnya, pengobatan alternatif Ida Dayak di area Kostrad Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023), dipadati warga yang menginginkan kesembuhan. Ida Dayak memang dijadwalkan menggelar pengobatan alternatif pada Senin dan Selasa (3-4/4/2023) di GOR Divif 1 Kostrad di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Akibat acara pengobatan Ida Dayak tersebut, kawasan Cilodong dan sekitarnya sempat macet.

"Dapet info, siang ini hindari sekitaran Kostrad Cilodong. Ada Bu Ida Dayak lagi pengobatan," kata Wahyu, seorang warga.

"Jalan Raya Bogor macet total dua arah dari jam 6 pagi," kata Adi, warga lainnya. 

Ramainya orang yang datang untuk berobat ke Ida Dayak bukan tanpa sebab. Pasalnya, di banyak video yang beredar, Ida Dayak mampu menyembuhkan beragam penyakit, mulai dari patah tulang, saraf kejepit, hingga tidak bisa bicara, hanya dengan menggunakan minyak, yang disebutnya dengan minyak bintang.

Yang unik, dalam pengobatannya Ida Dayak tidak pernah meminta imbalan uang alias gratis. Hanya saja minyak bintang dijualnya dengan harga Rp50 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.