Sukses

Ini Cara Jitu Wali Kota Samarinda Tekan Angka Kemiskinan

Berbagai upaya dilakukan Wali Kota Samarinda, Andi Harun guna menekan angka kemiskinan yang ekstrem di Kota Samarinda, salah satunya dengan membagikan beras kepada masyarakat miskin.

Liputan6.com, Samarinda - Sejak dua bulan yang lalu atau pada bulan Februari 2023, harga beras di Kota Samarinda terus mengalami kenaikan. Hal ini pun berimbas pada angka kemiskinan ekstrem yang terjadi di Kota Tepian tersebut.

Guna mengatasi hal tersebut, berbagai upaya dilakukan Wali Kota Samarinda, Andi Harun. Salah upaya yang dilakukannya adalah membagikan beras kepada masyarakat miskin. Rencana yang juga disuarakan oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Isfihani terkait pemberian beras kepada masyarakat miskin dalam rangka menurunkan angka kemiskinan ekstrem itu pun akhirnya terwujud pada Senin, (3/4/2023).

Sebanyak 269 ton beras disalurkan kepada 26.924 kepala keluarga (KK) di Kota Samarinda selama tiga bulan ke depan. Secara simbolis Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar pembagian beras secara gratis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Samarinda, dimulai di Kantor Kecamatan Samarinda Seberang Jalan Bung Tomo yang dibuka oleh Wali Kota Samarinda.

Program pembagian beras merupakan kolaborasi lintas OPD. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samarinda, Dinas Perdagangan Samarinda, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Samarinda dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Samarinda.

Selain dalam rangka membantu warga miskin, kegiatan tersebut juga menjadi langkah intervensi Pemkot Samarinda menurunkan kenaikan harga beras yang terjadi sejak dua bulan belakangan.

"Kebetulan bulan dua (Februari) sebelumnya, (harga) beras mulai naik. Kita intervensi operasi pasar, kembali stabil. Di bulan-bulan akhir Maret masuk ke April, gejala harga besar sudah mulai terbaca. Akhirnya kita melaksanakan operasi pasar untuk menstabilkan pasar untuk beras,” tegas Andi.

Diketahui, stok beras yang dibagikan tersebut merupakan beras cadangan pemerintah dari Bulog Samarinda. Sehingga, beras cadangan pemerintah tersebut bisa disalurkan secara gratis dan merata kepada seluruh KPM se-Samarinda.

"Kita salurkan di saat kita membutuhkan. Tidak tiap saat, kalau harga stabil terus, kita cadangkan terus sampai ada gejolak harga di masyarakat lagi. Ini untuk memberi pesan, pemerintah telah menyiapkan beras cadangan pemerintah untuk melakukan operasi pasar intervensi dalam rangka menciptakan kestabilan harga,” paparnya.

Melalui pembagian beras ini, Andi berharap agar masyarakat penerima mampu memanfaatkan dengan baik dan tidak diperjualbelikan kembali. Sebaiknya, dipergunakan untuk kebutuhan pribadi dan sehari-hari saja. Hal ini pun juga berlaku oleh pedagang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.