Sukses

Pengobatan Ida Dayak di Kostrad Cilodong Dipadati Warga, Jalan Raya Bogor Sempat Macet Parah

Usai viral, pengobatan alternatif Ida Dayak diserbu warga di area Kostrad Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Usai viral, pengobatan alternatif Ida Dayak di area Kostrad Cilodong, Depok, Senin (3/4/2023), dipadati warga yang menginginkan kesembuhan. Sebelumnya beredar informasi yang menyebut, Ida Dayak menggelar pengobatan alternatif pada Senin dan Selasa (3-4/4/2023) di GOR Divif 1 Kostrad di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Akibat acara pengobatan Ida Dayak tersebut, kawasan Cilodong dan sekitarnya sempat macet.

"Dapet info, siang ini hindari sekitaran Kostrad Cilodong. Ada Bu Ida Dayak lagi pengobatan," kata Wahyu, seorang warga.

"Jalan Raya Bogor macet total dua arah dari jam 6 pagi," kata Adi, warga lainnya. 

Ramainya orang yang datang untuk berobat ke Ida Dayak bukan tanpa sebab. Pasalnya, di banyak video yang beredar, Ida Dayak mampu menyembuhkan beragam penyakit, mulai dari patah tulang, saraf kejepit, hingga tidak bisa bicara, hanya dengan menggunakan minyak, yang disebutnya dengan minyak bintang.

Yang unik, dalam pengobatannya Ida Dayak tidak pernah meminta imbalan uang alias gratis. Hanya saja minyak bintang dijualnya dengan harga Rp50 ribu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Ida Dayak?

Ida Dayak diketahui bernama lengkap Ida Andriyani. Wanita kelahiran Paser, Kaltim, Juli 1972, ini disebut Ida Dayak lantaran saat menggelar pengobatan kerap menggunakan pakaian tradisional Dayak lengkap dengan aksesorisnya. Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Bahkan, dirinya mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Dalam pengobatannya, percaya atau tidak, hanya dengan sekali urut menggunakan minyak bintang, Ida Dayak bisa langsung menyembuhkan tulang bengkok pasiennya. Bahkan, ada pasien yang sebelumnya tidak mampu berjalan, setelah diurut langsung bisa berjalan kembali.

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ujar Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

Usai video-video penyembuhannya viral, pengobatan Ida Dayak di mana pun selalu dipadati warga yang ingin mencari kesembuhan. Bahkan Ida Dayak juga mendapat atensi dari beberapa instansi hingga pejabat penting.

Perempuan Dayak itu juga pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.