Sukses

Siapa Artis R yang Diduga Terseret Kasus Pencucian Uang Rafael Alun? Si Orang Kaya Baru yang Terhormat

Artis berinisial R disebut-sebut terlibat dalam kasus pencucian uang Rafael Alun. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Kasus mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo turut menyeret seorang artis terkenal di Tanah Air. Rafael Alun Trisambodo disebut-sebut terkoneksi dengan seorang artis berinisial R.

Hal ini membuat publik berspekulasi mengenai sosok artis inisial R tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini masih mendalami informasi mengenai artis berinisial R tersebut. Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur mengatakan jika inisial R tersebut bisa dari huruf depan, tengah ataupun ujung dari nama sang sang artis.

“Inisial R itu siapa? Ini sedang kami dalami. Apakah R itu huruf depannya atau itu ada di tengah atau ada di ujung. Itu yang sedang kita dalami. Yang jelas ada R-nya,” ujarnya mengutip dari Antara, Jumat (31/3/2023).

Sementara, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika KPK saat ini akan terlebih dulu soal laporan dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) mengenai dugaan keterlibatan artis inisial R tersebut.

“Kami nanti akan komunikasikan dan koordinasikan apakah betul ada laporan dimaksud, tapi tiap laporan masyarakat yang mendukung upaya penegakan hukum termasuk proses yang kami lakukan ini tentu kami akan dalami lebih lanjut,” ujarnya

Sebelumya, penyidik dari KPK telah meningkatkan status dari kasus Rafael Alun Trisambodo. Status tersebut ditingkatkan menjadi ke tahap penyidikan dan menetapkan Rafael sebagai tersangka.

Pihak KPK telah menemukan sejumlah dugaan pidana korupsi yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo. Diperkirakan Rafael menerima gratifikasi hingga puluhan miliar rupiah dari periode 2011 hingga 2023.

Sejumlah angka yang didapatkan tersebut berdasarkan dari yang telah diperhitungkan oleh penyidik dari alat bukti yang ditemukan. Salah satu diantaranya adalah safe deposit box (BDB) miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Rafael Alun Soal Rumor Artis R Terlibat Kasus Pajak

Sementara itu, Rafael Alun sendiri tak tahu adanya keterlibatan artis dalam kasusnya. Dia mengaku tak tahu sosok inisial R yang dituduhkan tersebut.

Rafael bahkan mengaku tak memiliki kedekatan dengan artis mana pun, termasuk sosok R.

"Saya tidak punya lingkungan pergaulan artis, setiap hari saya dari pagi ke kantor, hari-hari saya habiskan di kantor. Saya enggak punya temen artis atau temen wanita lain," kata Rafael saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023).

Dia bahkan mencoba meyakinkan dengan meminta jurnalis liputan6.com untuk langsung bertanya kepada mantan bawahannya, kalau dia memang tidak mempunyai pergaulan artis.  

"Anda bisa melihat nanti ke beberapa pegawai yang menjadi bawahan saya. Saya sama sekali enggak bergaul di lingkungan artis,” ucap ayah dari Mario Dandy ini. 

3 dari 3 halaman

Artis R, Si Orang Kaya Baru

Adanya keterlibatan artis R ini sebelumnya diungkap Iskandar Sitorus, Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), dia mengatakan bahwa artis inisial R itu diduga terlibat dalam dugaan tindak pencucian uang yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo.

Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," katanya seperti dikutip dalam unggahan akun Instagram @lambe_turah pada Kamis (30/3/2023).

"Inisialnya orang kaya baru Ini adalah R," sambungnya.

Lebih lanjut, Iskandar mengatakan bahwa artis inisial R itu sangat dikenal dan tinggal di Jakarta.

"R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di data kami disebut 'orang kaya baru'. Di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," ujarnya.

Meski belum diketahui secara pasti siapa sosok R yang dimaksud itu, Iskandar Sitorus mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati lantaran di luar sana, banyak yang terlihat seperti terhormat, namun kenyataannya tidak sebaik yang ditampilkan.

"Kami hanya mengingatkan bahwa banyak yang terlihat seakan-akan terhormat, sejatinya dia adalah merampas kehormatan uang rakyat yang ditilep koruptor," ucapnya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.