Sukses

Semana Santa di Larantuka Digelar Lagi Usai 3 Tahun Ditiadakan karena Pandemi Covid-19

Tradisi Semana Santa menjelang Hari Raya Paskah di NTT kembali digelar usai tiga tahun terakhir tak dirayakan karena pandemi Covid-19.

 

Liputan6.com, Larantuka - Tradisi Semana Santa menjelang Hari Raya Paskah di Larantuka NTT kembali digelar usai tiga tahun terakhir tak dirayakan karena pandemi Covid-19. Polres Flores Timur telah menyiapkan 187 untuk menjaga pelaksanaan rangkaian acara yang dimulai 3 April 2023.

Kapolres Flores Timur Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni, Senin (27/3/2023) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh personel dari polres untuk disiagakan mengamankan jalannya Semana Santa di Larantuka.

Ngurah Joni juga menjelaskan, selain jumlah personel dari polres setempat dalam pengamanan itu, bantuan bawah kendali operasi (BKO) juga datang dari Kodim 1624/Flores Timur yang jumlahnya mencapai 50 personel.

"Selain itu juga dukungan pengamanan juga datang dari Satpol PP lalu Dinas Perhubungan yang ikut membantu pengamanan," katanya.

Selain itu, personel BKO dari Polda NTT, yakni Satuan Brimob Polda NTT, katanya, akan diterjunkan dengan jumlah 30 orang disertai tambahan personel dari pasukan penjinak bom yang jumlah 10 personel.

Dia menambahkan sekitar 20 titik yang disiapkan untuk menempatkan personel gabungan guna mengamankan dan memperlancar jalannya Tradisi Semana Santa.

Ngurah Joni mengimbau masyarakat serta peziarah yang datang ke Larantuka agar turut menjaga keamanan dan mengikuti arahan yang disampaikan panitia serta petugas keamanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semana Santa Digelar Kembali

Keuskupan Larantuka, Kabupaten Flores Timur membuka penyelenggaraan Tradisi Semana Santa 2023 setelah kurang lebih tiga tahun terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Keputusan dibuka kembali Semana Santa 2023 ini diputuskan setelah kami melakukan rapat bersama pekan lalu," kata Uskup Larantuka Monsinyur Fransiskus Kopong Kung dalam surat yang ditujukan kepada sejumlah pastor, biarawan dan biarawati di keuskupan setempat.

Keputusan membuka kembali kegiatan rohani yang disebut juga sebagai wisata rohani itu dikukuhkan dalam surat Uskup Larantuka Nomor KL 10/V.1/I/2123 tertanggal 10 Januari 2023.

Dalam surat untuk biarawan, biarawati, dan umat Katolik di keuskupan Larantuka itu juga tertera alasan serta pertimbangan sehingga Tradisi Semana Santa dibuka kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.