Sukses

Baznas Garut Edarkan Kupon Sedekah, Yuk Berburu Berkah Ramadan

Potensi ZIS masyarakat Garut terbilang besar, tetapi hingga kini kesadaran mereka untuk menitipkan ZIS di lembaga resmi pemerintah, masih terbilang rendah.

Liputan6.com, Garut - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menargetkan pengumpulan Zakat, Infaq Sedekah (ZIS) masyarakat Garut selama Ramadan 1444 H/2023 hingga Rp3 miliar. 

"Itu angka akumulasi dari warga masyarakat dan siswa sekolah," ujar Ketua Baznas Garut Abdullah Effendi, Senin (27/3/2023).

Menurutnya, potensi ZIS masyarakat Garut terbilang besar, tetapi hingga kini kesadaran mereka untuk menitipkan ZIS di lembaga resmi pemerintah, masih terbilang rendah.

"Kami terus berikan pengetahuan buat semua warga, jika seluruh amanat yang dititipkan di Baznas kami salurkan sesuai haknya," kata dia.

Untuk mengejar rencana itu, Baznas Garut membagi dua target yang akan dikumpulkan yakni, masyarakat umum yang telah memenuhi ketentuan mengeluarkan ZIS.

Serta kalangan pelajar di sekolah yang difokuskan untuk infaq dan sedekah melalui kupon yang telah disediakan.

"Untuk masyarakat umum kami cetak sekitar 400 ribu kupon, dan untuk pelajar kami akan siapkan sesuai dengan jumlah siswa di Garut," kata dia.

Rencananya ratusan ribu lembar kupon nominal sedekah Rp2.000 per lembar, segera diedarkan kepada masyarakat Garut secara luas dalam waktu dekat.

"Kami libatkan juga para Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) di tiap wilayah untuk mengumpulkan sedekah, selain tentu kami mengetahui perolehan zakat fitrah dan lainnya," kata dia.

Sementara untuk kalangan siswa didik baik SD maupun SMP, Baznas Garut segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, untuk membagikan kupon sebesar Rp3.000 per lembar.

"Untuk kalangan SMA-SMK sederajat kami akan koordinasi dengan koordinator wilayah Pendidikan Jawa Barat juga, sementara untuk siswa madrasah kami akan kerja sama dengan Kemenag (Kementerian Agama)," kata dia.

Tidak hanya itu, Baznas menyiapkan sejumlah relawan yang akan disebar di 10 titik wilayah perkotaan Garut, untuk mengumpulkan raihan infaq dan sedekah dari masyarakat umum.

"Soal di mana saja titiknya, nanti akan kami sampaikan lagi," ujarnya.

Abdullah berharap, raihan ZIS selama Ramadan 1444 H/2023 kali ini, mampu mengejar target Baznas Garut selama setahun 2023 sebesar Rp16 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini