Sukses

Kemenag Sulsel: Tahun Ini Muhammadiyah, NU dan Pemerintah sama Awal Ramadannya

Dari hasil Rukyatul Hilal itu, 1 Ramadan berpotensi jatuh pada 23 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pemantauan dan pengamatan hilal yang digelar Kementerian Agama dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar untuk penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah telah selesai. Dari hasil Rukyatul Hilal itu, 1 Ramadan berpotensi jatuh pada 23 Maret 2023, esok.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Selatan, Khaeroni pun memperkirakan bahwa penetapan 1 Ramadan 1444 Hijriah anata Pemerintah, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah akan sama. 

"Terkadang, terdapat perbedaan penetapan awal Ramadan dan Idul Fitri antara sejumlah ormas besar seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) serta pemerintah, akan tetapi melihat hasil Rukyatul Hilal hari ini dan menyimak hasil di sejumlah lokasi di indonesia, sepertinya tahun ini berpotensi akan sama awal Ramadannya," kata Khaeroni, Rabu (22/3/2023). 

Dia menjelaskan pada saat jelang memasuki waktu Magrib pada Rabu 22 Maret 2023 di sejumlah titik pemantauan di Indonesia termasuk di Sulsel, posisi Hilal sudah berada pada angka 7 derajat 33 Menit 28 detik dan angka tersebut sudah memenuhi kriteria baru yang pernah ditetapkan secara bersama oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), dengan tinggi minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat dan sudah memenuhi kriteria Wujudul Hilal [WH].

"Jadi potensi Awal Ramadhan Tahun ini bisa seragam, bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriyah / 2023 Masehi jatih pada 23 Maret 2023," dia menegaskan.

Dikutip dari situs resmi Muhammadiyah.or.id, berdasarkan keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah, hilal awal bulan Ramadhan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Dengan demikian, umat muslim mulai melaksanakan puasa Ramadhan pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Berbeda dengan Muhammadiyah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) belum memutuskan awal Ramadan karena harus menunggu Rukyatul Hilal terlebih dahulu yang digelar pada tanggal 22 Maret 2023. Keputusan PBNU ini senada dengan keputusan pemerintah terkait awal Ramadan. Sehingga perlu menunggu keputusan Sidang Isbat. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.