Sukses

Jadikan Pondasi, Pemprov Sulbar Luncurkan Core Value BerAKHLAK

Pemprov Sulbar meluncurkan Core Value ASN, Budaya Kerja BerAKHLAK di Mamuju, Kamis (09/03/23). Launching ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mewujudkan ASN yang berAKHLAK

Liputan6.com, Mamuju - Pemprov Sulbar meluncurkan Core Value ASN, Budaya Kerja BerAKHLAK di Mamuju, Kamis (09/03/23). Launching ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mewujudkan ASN yang BerAKHLAK.

Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menjelaskan core value ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia, sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Akmal Malik mengungkapkan untuk mewujudkan ASN berAKHLAK, maka penting untuk melihat kondisi riil di lapangan. Sebab, setiap daerah memiliki persoalan yang berbeda-beda. Karenanya, dibutuhkan model pendekatan yang berbeda-beda pula dalam mewujudkan budaya kerja berAKHLAK di Sulbar.

"Jangan menyelesaikan persoalan di daerah dengan pendekatan yang sama. Ini tidak boleh, kita harus turun melihat kondisi riil di setiap daerah," ungkap Akmal.

Akmal menambahkan untuk dapat mengubah budaya kerja organisasi, dibutuhkan waktu, ikhtiar dan komitmen. Sulbar sebagai daerah otonom harus bergerak tidak hanya berorientasi pada satu daerah saja. Sehingga, penting untuk membangun kerja sama dengan berbagai daerah.

Akmal Malik juga membeberkan berbagai persoalan yang ada di Sulbar dalam sebuah tulisan berjudul 'Patologi Daerah Pemekaran Indonesia Daerah Sulawesi Barat'. Tulisan itu memuat reformasi birokrasi mulai dari tata kelola keuangan, kelembagaan, aparatur, kualitas pelayanan, sistem pengawasan dan pengelolaan aset dan lainnya.

Sebagai langkah awal, Akmal Malik meminta kepala BKD, Bappeda, Biro Ortala, BPSDM dan Staf Ahli Gubernur untuk mengikuti pelatihan orientasi Budaya Kerja. Hal ini untuk menghadirkan agen yang dapat membangun budaya kerja organisasi ke depan.

"Ini menjadi sebab project kebutuhan kedepan. apalagi Sulbar dengan potensi sumber daya alam," tutur Akmal.

Sedangkan, Kabiro Ortala Sulbar Hamdani Hamdi menyebutkan launching kali ini diikuti oleh sebanyak 300 peserta dari internal lingkup Pemprov Sulbar. Dia menilai core value ASN ini merupakan intisari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dalam satu persepsi yang lebih mudah dipahami.

"Ini menjadi tonggak penguatan budaya kerja dari tingkat pusat hingga daerah" tutup Hamdani.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.