Sukses

Sulbar Kembangkan Benih Induk Hortikultura di Polewali Mandar

Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik kembali meninjau sejumlah aset yang di miliki pemprov. Kali ini dia meninjau lahan perkebunan di Desa Batu Panga Daala Polman

Liputan6.com, Polewali Mandar - Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik kembali meninjau sejumlah aset yang di miliki pemprov. Kali ini dia meninjau lahan perkebunan di Desa Batu Panga Daala, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar, Minggu (15/01/23).

Di lokasi itu terdapat lahan seluas 50 hektare yang mana 35 hektare diantaranya merupakan aset Pemprov Sulbar. Sedangkan 15 hektare sisanya merupakan lahan milik kementerian pertanian.

"Saya mengapresiasi atas langkah Pemprov Sulbar yang mulai menggarap lahan tersebut, yang mana sempet terbengkalai pada tahun lalu," kata Akmal.

Akmal menambahkan, pada kunjungannya di pertengahan 2022 lalu tidak memberikan kontribusi terhadap Penadapatan Asli Daerah (PAD). Lahan itu menyerap anggaran sebesar Rp400 juta dari APBD namun hanya mampu menghasilkan Rp80 juta per tahun.

"Karena itu, pada tahun lalu saya mendesak agar UPTD yang mengelola lahan tersebut dapat lebih maksimal," tutur Akmal.

Saat ini menurut Akmal, sebagian lahan seluas 35 hektar itu telah ditanami sejumlah komoditi, seperti kedelai dan jagung. Rencananya, sebagain lahan itu akan menjadi lokasi pengembangan benih induk hortikultura di Sulbar.

"Dengan begitu Sulbar dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan bibit. Selama ini kita masih mengimpor dari Maros, kita berharap tahun ini tidak lagi, kita mandiri untuk kebutuhan bibit kita," ujar Akmal.

"Saya juga ingin Dinas Perkebunan Polewali Mandar berkoordinasi dengan PUPR Sulbar untuk menurunkan alat berat demi mempercepat proses penggarapan lahan," tutup Akmal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.