Sukses

5 Rekomendasi Makanan Peranakan yang Biasa Dihadirkan di Meja Arisan

Namun, menentukan menu arisan sering kali menjadi hal yang sulit.

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat ada arisan di rumah, sajian makanan lezat akan membuat para tamu merasa betah. Hal ini juga akan menyisakan kesan baik dari para tamu.

Namun, menentukan menu arisan sering kali menjadi hal yang sulit. Salah satu sajian yang bisa dijadikan pilihan menu selain makanan Indonesia adalah kuliner khas peranakan.

Berikut beberapa makanan peranakan yang bisa dijadikan pilihan sajian saat arisan:

1. Ayam Sioh Taoco

Ayam siah taoco sudah populer lebih dulu di Malaysia. Perpaduan bumbu taoco, asam jawa, dan ketumbar membuat sajian ini memiliki cita rasa yang unik.

Makanan ini cenderung tidak pedas, sehingga bisa disantap anak-anak. Namun, sajian ini membutuhkan waktu memasak yang cukup lama agar teksturnya empuk, yaitu sekitar 1,5 jam.

2. Capcay Jamur Shimeji

Salah satu masakan khas peranakan yang paling populer adalah capcay. Hidangan ini tentu sangat cocok dijadikan menu arisan karena banyak digemari semua kalangan.

Dahulu, banyak orang mengira capcay memiliki arti 10 sayuran, tetapi sebenarnya capcay tidak harus terdiri dari 10 sayuran. Kamu memiliki kebebasan untuk memilih sayuran apa saja yang akan dipakai pada hidangan ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fuyunghai Asam Manis

3. Fuyunghai Asam Manis

Fuyunghai merupakan makanan berbahan utama telur. Berbeda dengan telur dadar, fuyunghai memiliki beberapa protein dan sayuran di dalamnya.

Isiannya yang kaya membuat fuyunghai menjadi sajian favorit untuk semua kalangan. Fuyunghai biasanya dipadukan dengan saus asam manis.

4. Sapi Lada Hitam

Daging sapi lada hitam merupakan salah satu sajian favorit di restoran Chinese. Namun, sebenarnya lada hitam tidak terlalu lazim dipakai pada masakan Tiongkok, kecuali di daerah Sichuan yang populer dengan makanan pedas.

Oleh karena itu, sajian sapi lada hitam menjadi hidangan yang unik dan mendunia. Agar rasanya semakin kaya, sebaiknya pilih dua jenis paprika saat mengolahnya.

5. Siomai

Selain menyajikan hidangan utama, satu hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan camilan. Siomai menjadi salah satu makanan peranakan yang banyak disukai semua kalangan, sehingga sangat cocok dijadikan selingan hidangan saat arisan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.