Sukses

Erupsi Gunung Merapi, Warung Kopi Merapi Jalan Terus

Warung Kopi Merapi tetap buka usai erupsi Gunung Merapi pada Sabtu (11/3) kemarin. Warung Kopi Merapi ini buka dengan tetap waspada sembari mengikuti arahan pemerintah sekitar.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warung Kopi Merapi di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman tetap buka usai Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Sabtu (11/3) dan Minggu (12/3) ini. Sumijo, pemilik Warung Kopi Merapi, mengatakan pihaknya tetap membuka warung kopi.

"Iya warungnya masih buka. Aman," katanya Minggu (12/3/2023). 

Sumijo mengatakan aktivitas Gunung Merapi pada Sabtu (11/3) dan berlanjut Minggu (12/3) merupakan aktivitas erupsi Merapi yang cukup besar. Namun begitu aktivitas warga sekitar terutama perekonomian tetap berjalan seperti biasa seperti warung kopi Merapi miliknya.

"Warungnya sekitar 7 km dari puncak. Masih aman," katanya.

Namun begitu pengunjung warung kopinya pada Sabtu (11/3) memang berbeda dengan hari biasanya. Namun begitu ia berharap kondisinya dapat kembali seperti biasanya.

"Walaupun pengunjungnya beda dengan hari biasa. Sementara lebih sedikit, kemarin banyak terus pergi. Tadi pagi belum ramai," ujarnya.

Sumijo yang juga Ketua Kopi Koperasi Kebun Makmur yang mewadahi kopi Merapi mengaku aktivitas Gunung Merapi yang mengeluarkan awan panas masih aman. Sebab, perkebunan kopi milik warga yang ada di lereng menunggu masa panen.

"Kebun kopi aman, kan arahnya (awan panas) ke barat. Dua bulan lagi panen yang arabika yang robusta bulan Juni 2023," katanya.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.