Sukses

Komparasi Spesifikasi Realme GT3 vs Xiaomi 13

Realme GT 3 dan Xiaomi 13 adalah dua ponsel flagship kuat yang menawarkan fitur dan kinerja terbaik dengan harga yang kompetitif.

Liputan6.com, Jakarta - Realme GT3 dan Xiaomi 13 adalah dua ponsel flagship kuat yang menawarkan fitur dan kinerja terbaik dengan harga yang kompetitif. Keduanya saling membanggakan dua prosesor terbaik di pasar, tetapi harganya tidak berlebihan.

Mereka baru saja memulai debutnya di pasar global juga. Kedua perangkat dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas dan berjalan pada sistem operasi Android 13 dengan antarmuka pengguna khusus.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi kedua merek ponsel pintar tersebut melansir dari Gizmochina.

Dari segi desain, Realme GT3 memiliki tampilan yang lebih besar dan lebih khas. Sedangkan, Xiaomi 13 memiliki desain yang lebih ringkas dan ramping.

GT3 memiliki layar 6,74 inci dengan punch-hole tengah dan bezel tipis, sedangkan Xiaomi 13 hadir dengan layar 6,36 inci yang lebih kecil dengan notch kecil dan bezel minimal.

Kedua ponsel memiliki kualitas build premium dengan bagian belakang kaca, tetapi GT3 juga dilengkapi lampu RGB yang dapat disesuaikan di bagian belakang, yang mungkin menarik bagi sebagian pengguna.

Di sisi lain, dengan Xiaomi 13, Anda bisa mendapatkan ponsel tahan air dengan sertifikasi IP68, serta bahan-bahan premium termasuk bagian belakang kaca dan bingkai aluminium, yang tidak Anda dapatkan pada saingannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layar hingga Penyimpanan

Dalam hal layar, Realme GT3 memiliki refresh rate yang lebih tinggi 144Hz dan resolusi yang sedikit lebih tinggi yaitu 1240 x 2772 piksel (1,5K, bukan Full HD+). Sedangkan, Xiaomi 13 menawarkan kerapatan piksel yang sedikit lebih tinggi karena ukuran layarnya yang lebih kecil, tetapi resolusi Full HD+ yang lebih rendah yaitu 1080 x 2400 piksel.

Selain itu, Xiaomi 13 memiliki kualitas tampilan yang lebih baik dengan kecerahan puncak 1300 nits dan dukungan untuk HDR10+, yang dapat membuat perbedaan besar saat streaming konten atau menggunakan ponsel di bawah sinar matahari langsung.

Kedua ponsel ditenagai oleh prosesor Snapdragon yang kuat, tetapi Xiaomi 13 memiliki keunggulan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang lebih baru dan lebih cepat yang berjalan pada frekuensi maksimum 3,2 GHz. Sedangkan, Realme GT 3 dilengkapi dengan platform seluler Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih lama.

Dari segi penyimpanan, Realme GT 3 menawarkan lebih banyak opsi penyimpanan internal hingga 1 TB dibandingkan dengan Xiaomi 13 yang maksimum 512 GB. Kedua ponsel berjalan di Android 13 dengan antarmuka pengguna khusus, dengan Xiaomi 13 menampilkan MIUI dan Realme GT 3 menggunakan Realme UI.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dari segi kamera, kedua ponsel memiliki pengaturan tiga kamera, tetapi Xiaomi 13 memiliki pengaturan yang lebih serbaguna dengan kamera utama 50MP, lensa telefoto periskop 10MP, dan lensa ultra-wide 12MP. Sedangkan, Realme GT3 tidak memiliki lensa telefoto dan memiliki lensa ultrawide 8MP.

Xiaomi 13 juga memiliki kamera depan yang lebih baik dengan sensor 32MP dibandingkan dengan sensor 3MP GT 16. Jadi, jika Anda mencari ponsel kamera terbaik, Anda tahu bahwa tidak ada tantangan dan Anda tahu apa yang harus dipilih.

Kedua ponsel memiliki baterai 5000mAh, tetapi Realme GT3 mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih cepat hingga 240W dibandingkan dengan pengisian cepat Xiaomi 13 67W.

Di sisi lain, flagship Xiaomi adalah satu-satunya yang mendukung pengisian nirkabel cepat 50W, sementara Anda dapat mengisi daya GT3 hanya dengan menggunakan kabel. Xiaomi 13 juga memiliki keunggulan dengan dukungannya untuk pengisian nirkabel terbalik, yang tidak dimiliki Realme GT3.

Realme GT 3 akan segera tersedia di pasar global dengan label harga mulai dari $699/€660, sedangkan Xiaomi 13 dibanderol dengan harga sekitar $1067/€999. Dalam hal nilai uang, Realme GT 3 menawarkan fitur dan kinerja yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah, tetapi Xiaomi 13 memiliki beberapa fitur tambahan yang mungkin sepadan dengan biaya tambahan untuk beberapa pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.