Sukses

5 Nutrisi Ini Ampuh Cegah Kebotakan Dini

Salah satu penyebab kerusakan rambut adalah kurangnya asupan nutrisi. Cukup banyak makanan yang dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan kuat. Salah satunya adalah ikan laut yang mengandung omega-3.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut sehat dan kuat tak hanya bisa dilakukan dengan perawatan dari luar saja. Makanan yang kamu konsumsi pun bisa mempengaruhi kondisi kesehatan rambut.

Salah satu penyebab kerusakan rambut adalah kurangnya asupan nutrisi. Cukup banyak makanan yang dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan kuat. Salah satunya adalah ikan laut yang mengandung omega-3.

Selain itu, masih banyak makanan yang mengandung lima nutrisi yang dapat mendukung kesehatan rambut. Yuk, intip berbagai nutrisi yang wajib kamu konsumsi untuk mendukung pertumbuhan rambut sehat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Rambut

1. Protein

Rambut terdiri dari protein, oleh karena itu asupan protein yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Sumber protein yang baik untuk rambut antara lain daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu.

2. Vitamin C

Vitamin C bekerja untuk membantu tubuh menghasilkan kolagen, yaitu senyawa yang membantu menjaga elastisitas rambut. Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan stroberi adalah sumber vitamin C yang baik.

3. Zat besi

Zat besi membantu mengalirkan oksigen ke folikel rambut, sehingga membantu menjaga kesehatan rambut. Sumber zat besi yang baik antara lain daging, hati, kacang-kacangan, bayam, dan biji labu.

4. Vitamin A

Vitamin A dapat membantu untuk menghasilkan sebum, yaitu minyak alami yang melindungi kulit kepala dan rambut. Sumber vitamin A yang baik antara lain wortel, ubi jalar, kubis, dan bayam.

5. Omega-3

Asam lemak omega-3 membantu menjaga kesehatan kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Sumber omega-3 yang baik antara lain ikan salmon, biji rami, dan kacang walnut.

Selain makanan, juga penting untuk memperhatikan asupan air dan menjaga keseimbangan nutrisi. Jika kamu mengalami kebotakan atau masalah rambut yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.