Sukses

Selain F1 Powerboat, Sumut Siap Gelar WRC 2024, Ijeck: Presiden Jokowi Merespons Baik

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan persiapan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba sampai saat ini terus berjalan. Sumut siap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1H2O maupun World Rally Championship (WRC) 2024.

Liputan6.com, Medan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan persiapan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba sampai saat ini terus berjalan. Sumut siap menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1H2O maupun World Rally Championship (WRC) 2024.

Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah, berharap bantuan media untuk promosi sport tourism di Sumut supaya lebih diketahui masyarakat luas.

"Ini penting, jangan hanya berharap tamu dari luar, masyarakat di Sumut juga perlu tahu ada event ini," kata Ijeck dalam diskusi panel di Hotel Adimulia, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Senin (13/2/2023).

Diskusi panel bertema “Tantangan dan Peluang Pengembangan Pariwisata Olahraga di Kawasan Danau Toba” turut menghadirkan narasumber Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy B Panjaitan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Harun Mustafa Nasution, Ahli Pariwisata Prof. Nurlisa Ginting.

Pada sesi diskusi yang diselenggarakan Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar), Ijeck mengakui multiplier effect atau efek berganda dalam satu event pasti ada. Apalagi semakin besar event, dan minat orang secara internasional mengetahui, makan akan semakin besar efek ekonominya.

"Sudah disampaikan, dengan adanya F1H2O ini, Rp 200 miliar lebih perputaran uangnya. Belum lagi promosi daerah, belum lagi nanti keyakinan orang untuk berinvestasi, masih banyak lagi hal-hal positif, yang akan datang ke Sumut," kata Ijeck.

Menurut Ijeck, tidak hanya F1 Powerboat, sangat banyak potensi sport tourism yang dapat dilaksanakan di kawasan Danau Toba, diantaranya juga WRC yang direncanakan dilaksanakan pada 2024 di Danau Toba. Ijeck sudah menyampaikan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan direspons positif.

"Beliau (Jokowi) menanyakan kapan target. Saya sudah sampaikan 2024, dan tahun ini ada APRC. Beliau merespons dan tanggapi dengan baik, dan mengatakan akan kita laksanakan event ini. Mudah-mudahan WRC pada 2024 terlaksana," ucapnya.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Pelaksanaan F1 Powerboat

Dirut BPODT, Jimmy B Panjaitan, menjelaskan persiapan pelaksanaan F1H2O Danau Toba hingga saat ini berjalan lancar. Jumlah pengunjung yang akan menyaksikan langsung F1H2O diberkirakan mencapai 20 ribu orang, diperkirakan juga hotel-hotel di kawasan Danau Toba tidak mampu menampung.

Untuk mengatasi hal itu, BPODT bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan edukasi dan melatih warga yang rumahnya dijadikan homestay.

Berdasarkan data, di Balige terdapat 21 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 564. Hotel kawasan Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, ada 11 dengan jumlah kamar 774, dan Kabupaten Samosir 4 hotel dengan jumlah kamar 261.

"Kita (BPODT) mengambil peran mendukung, promosi, kita bantu penyelenggaraan, side event, dan mendorong homestay," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Lama Wisatawan di Danau Toba

Diungkapkan Jimmy, dengan keindahan alam Danau Toba, seharusnya wisatawan yang datang bisa tinggal di Danau Toba sampai 1 minggu.

"Saat ini, rata-rata wisatawan menghabiskan waktunya di Danau Toba itu satu hingga tiga hari. Padahal potensialnya harusnya satu minggu. Untuk itu event-event sport tourism harus terus ditingkatkan," terangnya.

Jimmy juga berharap gelaran reli bisa terus hadir di Danau Toba, khususnya WRC 2024 mendatang. "Pak Ijeck ini, beliau menepati setiap langkah-langkah dan rencana yang disampaikan. Saya sampaikan, yakin WRC pasti bisa hadir lagi 2024 mendatang," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Pagelaran Reli

Menanggapi soal reli, Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution, menyampaikan rencananya akan ada 1 series Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Asia Pasific Rally Championship (APRC) yang akan digelar pada September dan November 2023.

Harun mengungkapkan, reli merupakan olahraga otomotif yang murah dibandingkan dengan MotoGP, yang memerlukan biaya besar untuk membangun sirkuit. Rally Danau Toba 2023 juga akan memberikan kontribusi besar dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah Kabupaten Simalungun mencatat PAD dari hotel selama Rally Danau Toba 2022 lalu sebesar Rp 1 miliar lebih, belum yang lainnya," Harun menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.