Sukses

Menyambut Mentari Pagi di Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Konawe Utara

Dari puncak gunung tersebut pengunjung akan bisa menikmati pesona miniatur Raja Ampat.

Liputan6.com, Kendari - Terdapat sebuah destinasi wisata di Kabupaten Konawe Utara, yang dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat. Destinasi wisata tersebut adalah Pulau Labengki yang berada di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Pulau Labengki berjarak sekitar 55 kilometer dari Kota Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara. Pulau ini juga disebut sebagai Taman Wisata Teluk Lasolo.

Pulau ini berupa gugusan pulau-pulau yang membentang indah, lengkap dengan panorama laut dan pasir putih yang menawan. Keindahan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan dengan speed boat selama kurang lebih 2-4 jam. Sementara dari Kota Kendari, wisatawan bisa menggunakan jasa transportasi mobil menuju ke penyeberangan Toli-toli, Kabupaten Konawe.

Tak berhenti di situ, wisatawan masih harus melakukan tracking dari Nirwana Resort ke puncak gunung. Dari puncak gunung tersebut pengunjung akan bisa menikmati pesona miniatur Raja Ampat.

Dari puncak yang sama, pengunjung juga bisa melihat Teluk Cinta. Lokasi yang dijuluki Teluk Cinta tersebut merupakan gugusan karang yang membentuk lekukan serupa hati. Oleh karena itu, teluk tersebut dijuluki Teluk Cinta.

Selain bisa menikmati replika Raja Ampat, wisatawan juga bisa melihat kecantikan Blue Lagoon atau Laguna Biru. Blue Lagoon merupakan pertemuan air laut dan air tawar yang berwarna biru di balik batu karang.

Blue Lagoon bisa ditempuh selama 2-3 menit dari Nirwana Resort dengan menggunakan speed boat.Selain itu, tak jauh dari Blue Lagoon, wisatawan juga akan dimanjakan dengan Twin Lagoon, yakni laguna kembar yang dibelah batu karang.

Pulau Labengki tak hanya menawarkan keindahan di atas permukaan laut, tetapi juga pesona bawah laut. Pengunjung bisa melakukan wisata air, seperti snorkeling, diving, atau menyelam di bawah laut.

Pada masa pandemi Covid-19, destinasi wisata Sulawesi ini sempat merasakan dampaknya. Namun, perlahan Pulau Labengki kembali bangkit dan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak digandrungi wisatawan.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.