Sukses

Rekomendasi Makanan Khas Thailand Cocok dengan Lidah Indonesia, Pernah Coba?

Kebanyakan masakan Thailand dibuat dengan bumbu-bumu dan rempah yang hampir mirip dengan makanan Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Destinasi wisata yang beragam tidak hanya menjadi satu-satunya daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Negara Gajah Putih alias Thailand.

Beragam kuliner Thailand juga menjadi salah satu magnet yang menarik perhatian dari wisatawan internasional termasuk dari Indonesia.

Kelezatan makanan khas Thailand sudah begitu tersohor di dunia. Cita rasanya juga sangat pas dengan lidah orang Asia, termasuk Indonesia.

Kebanyakan masakan Thailand dibuat dengan bumbu-bumu dan rempah yang hampir mirip dengan makanan nusantara. Namun, meski cukup mirip, yang unik dari makanan Thailand, rasa asam, pedas, dan manis yang berbaur menjadi satu.

Tidak jarang juga ditemukan di Thailand makanan khasnya yang dipengaruhi oleh negara tetangganya. Berbagai pengaruh tersebut tentunya menciptakan makanan unuik lain yang sayang jika dilewatkan ketika kamu berada atau sedang mengunjungi Thailand.

Berikut adalah beberapa makanan khas Thailand yang cocok dengan lidah orang Indonesia:

Tod Man Pla

Tod Man Pla merupakan hidangan khas Thailand lain yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Hidangan ini dibuat menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utamanya.

Belakangan, kebanyakan restoran lebih banyak yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Untuk membuat Tod Man Pla berbahan dasar ikan, para koki biasa menggunakan jenis ikan yang memiliki daging berwarna putih.

Setelah ikan dibersihkan, para koki mencampur bumbu khas Thailand yaitu bumbu pasta kari merah yang bercita rasa pedas untuk membuat hidangan Tod Man Pla.

Tom Yam

Tom yam adalah makanan khas Thailand yang sangat popular di kalangan masyarakat internasional. Hampir bisa dipastikan semua orang kenal dengan hidanagan khas Thailand yang satu ini.

Sajian dari tom yum sendiri memiliki beberapa varian, tergantung dari bahan dasar yang digunakan. Seperti tom yum goong untuk tom yum yang menggunakan udang, tom yum pla yang berisi ikan, atau tom yum taek yang isinya berbagai macam seafood.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalamae

Ini adalah makanan ringan khas Thailand yang juga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Rasa manis dan juga tekstur yang sedikit lengket sekilas mirip dengan dodol garut.

Bedanya Kalamae diolah dengan santan. Kalamae sendiri terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula, serta santa.

Dalam pengolahannya tiga adonan ini harus diaduk terus menerus selagi dimasak untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan lengket. Setelah matang baru dipotong kecil-kecil, kemudian di lumuri dengan biji wijen terlebih dahulu sebelum dibungkus dengan plastic.

Khao Pad

Khao Pad ini adalah nasi gorengnya Thailand. Nasi goreng khas Thailand ini dibuat dengan memasak nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap.

Setelah matang, Khao Pad disajikan dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk. Terdapat banyak variasi untuk nasi goreng khas Thailand ini.

Tapi umumnya Khao Pad disajikan dengan tambahan irisan daging ayam, sapi, babi, atau pun seafood. Miriplah degan nasi goreng Indonesia.

Khao Tom

Untuk kamu pecinta bubur, kamu harus nyobai bubur khas Thailand yang satu ini. Khao toom adalah bubur yang dimasak dengan campuran daging satu makanan laut.

Namanya juga bermacam-macam sesuai dengan bahan utama yang digunakan. Kalau menggunakan udang namanya menjadi Khao Tom Goong, jika dengan daging babi maka menjadi Khao Tom Moo.

Kalau kamu sedang tidak enak badan atau kedinginan, makanan khas Thailand ini adalah penganan yang tepat dikonsumsi karena khao tom dibuat dengan rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh.

Mango Sticky Rice

Tidak lengkap rasanya jika membahas makanan Thailand tanpa menyebut Mango Sticky Rise ini. Makanan ini terdiri dari ketan, potongan mangga, dan kuah santan yang nikmat.

Kuliner ini sempat meledak popularitasnya beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Mango sticky rice punya beragam variasi topping yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Kamu akan merasakan cita rasa manis dan juga gurih saat menyantap hidangan ini. Itulah rekeomendasi makanan kHas Thailand yang dijamin ccok untuk lidah Orang Indonesia.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.