Sukses

Kolaborasi KPU dan HMI Tanjung Selor, Sukseskan Pemilu 2024

KPU Kaltara dan Bulungan bersama dengan HMI Tanjung Selor melakukan deklarasi pemilu. KPU menggandeng beberapa organisasi agar pemilu 2024 di Kaltara merupakan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Liputan6.com, Bulungan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara dan KPU Bulungan menggandeng beberapa organisasi dalam menyukseskan pemilu 2024 mendatang. Salah satu organisasi yang digandeng adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tanjung Selor bersama Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (Kahmi) Bulungan.

KPU Kaltara dan Bulungan melakukan deklarasi Pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas. Sebagai komitmen bersama, agar masa depan peradaban ditentukan oleh kualitas demokrasi yang semakin baik. Deklarasi itu juga dalam rangkaian hari milad HMI ke-76 tahun yang dikemas dalam jalan sehat, yang berpusat di area “Car Free Day Tebu Kayan” Tanjung Selor.

 “Beberapa waktu yang lalu adik-adik mahasiswa HMI mengajak berkolaborasi terkait kegiatan mereka. Kami pikir ini pas waktunya mendeklarasikan pemilu berkualitas berintegritas,” kata Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami.

Surya-sapaan akrabnya mengatakan, sosialisasi terkait pelaksanaan tahapan pemilu kepada masyarakat penting untuk melibatkan semua pihak. Harapannya, agar kontestasi politik di Kaltara, melahirkan wakil rakyat dan pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat.

“Tentu dalam pemilu, kami berharap partisipasi pemilih semakin baik. Tidak hanya itu, kualitas demokrasi kita juga semakin baik,” sebutnya.

Dalam deklarasi itu, seluruh kader HMI dan alumni membubuhkan tandatangan di spanduk yang disiapkan. Termasuk sejumlah masyarakat juga ikut mendeklarasikan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

“Kami dari HMI tentu ikut mengambil peran dalam menentukan masa depan peradaban sesuai dengan tema Milad HMI tahun ini,” kata Formatur HMI Cabang Tanjung Selor Ady Kurniawan.

Seperti diketahui, organisasi HMI didirikan oleh Lafran Pane pada 5 Februari 1947 silam. Tepat pada hari ini, Minggu (5/2/2023), para kader dan alumninya di seluruh Indonesia, bahkan di sejumlah negara, bersukacita di hari Milad HMI tahun 2023. Berbagai kegiatan pun diselenggarakan memperingati kelahiran organisasi yang telah banyak melahirkan tokoh bangsa itu.

Di Provinsi Kaltara sendiri, selain melakukan deklarasi, KPU bersama HMI dan Kahmi, juga melakukan sosialisasi terkait sejumlah tahapan pemilu. Antara lain masa pemungutan Pemilu Serentak yang jatuh pada 14 Februari 2024.

Kemudian, dalam waktu dekat, akan dilaksanakan verifikasi faktual dukungan perseorangan bakal calon DPD (Dewan Perwakilan Daerah). Termasuk perihal data pemilih, di mana pada 12 Februari nanti KPU melalui Panitia Pendaftaran Pemilih atau Pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dari rumah ke rumah.

 

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.