Sukses

Terima Penghargaan dari Billboard, Ini Perjalanan Karier Bang Si Hyuk di Industri Kpop

Liputan6.com, Yogyakarta - Produser musik sekaligus pendiri label HYBE, Bang Si Hyuk, menerima anugerah penghargaan Clive Davis Visionary. Penghargaan tersebut ia terima saat acara Billboard's 2023 Power 100 Party 1 Februari lalu.

Produser yang menaungi boy grup Kpop BTS dan TXT ini menerima secara langsung penghargaannya bersama dengan CEO HYBE Amerika, Scootet Braun. Dalam sambutannya, produser yang juga akrab disapa Bang PD ini bersyukur atas pencapaiannya di dunia musik.

Ia merasa sangat terhormat bisa menerima penggargaan tersebut. Pidato penerimaannya diunggah langsung oleh akun Twitter resmi Billboard @billboard.

"Saya berpikir kenapa Billboard memilih saya untuk penghargaan Visionary tahun ini, dan saya pikir saya di sini karena saya memandang hidup diri sendiri melampaui sekadar sebagai produser dan memulai label rekaman dengan mantap yang membuat saya mendirikan perusahaan yang menantang batasan tradisional dari industri hiburan dan musik," kata Bang Si-Hyuk, seperti yang dikutip dari Allkpop.

Ia menambahkan, dirinya selalu hidup bersama musik dan menempatkannya sebagai nomor satu. Perjalanan panjangnya pun selalu tentang musik.

"Saya selalu menempatkan musik sebagai prioritas nomor satu dan dalam berbagai bentuk yang bisa dinikmati oleh fans. Itulah yang selalu menjadi visi saya dan momen paling membanggakan bagi saya. Dengan gairah pada musik yang tidak pernah mati, saya harap untuk tetap berjuang mendorong batasan saya untuk bisnis di jalan yang terhormat atas nama Clive Davis,” tutur Bang Si Hyuk.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karier Bang Si Hyuk

Bang Si-Hyuk memulai kariernya sebagai komposer musik saat masih kuliah. Pada pertengahan 1990, ia bertemu dengan Park Jin-young dan sering bekerja sama sebagai duo penulis lagu.

Saat Park Jin-young mendirikan perusahaan JYP Entertainment, Bang PD ikut bergabung sebagai komposer, pengaransemen, dan produser. Dengan nama panggung 'Hitman', ia mengaransemen lagu soundtrack 'One Candle' dan 'Road' yang dinyanyikan boy grup Kpop g.o.d.

Kepopuleran g.o.d pada 2000-an sekaligus membuat dirinya dan Park Jin-young memiliki reputasi sebagai 'sang pembuat hit'.

Selain g.o.d, Bang PD juga telah memproduseri artis lain, seperti Im Chang-jung, Park Ji-yoon, Rain, Wonder Girls, 2AM, Teen Top, Baek Ji-young, dan masih banyak lagi. Pada 2005, ia meninggalkan JYP Entertainment dan mendirikan perusahaannya sendiri, yakni Big Hit Entertainment.

Agensi yang dulunya kecil ini, kini telah berkembang lebih besar. Boy grup pertama yang ia naungi dan produseri adalah BTS. Keberhasilannya mendirikan Big Hit Entertainment dan menaungi BTS membuatnya menerima penghargaan 'Best Producer Award' dalam Mnet Asian Music Awards dan 'Songwriter Award' dalam Melon Music Awards.

Pada Juni 2018, ia dinobatkan sebagai salah satu 'International Music Leaders' oleh Variety karena prestasi BTS. Pada Maret 2021, Big Hit Entertainment resmi berganti nama menjadi HYBE.

Sementara itu, Big Hit Entertainment kemudian dikenal sebagai Big Hit Music. HYBE pun berkembang semakin besar dan menanungi beberapa agensi lain selain Big Hit Music, seperti Pledis Entertainment, ADOR, Source Music, Belift Lab, dan KOZ Entertainment.

Beberapa artis yang berada di label ini pun bukan idol sembarangan. Masing-masing dari mereka juga populer dengan keunikan dan kreatifitasnya sendiri, seperti BTS (Big Hit Music), TXT (Big Hit Music), SEVENTEEN (Pledis Entertainment), New Jeans (ADOR), LE SSERAFIM (Source Music), Enhypen (Belift Lab), dan masih banyak lagi.

Pada 1 Juli, setelah restrukturisasi organisasi, Bang Si-Hyuk mengundurkan dari sebagai CEO HYBE. Ia ingin fokus ke produksi musik dan digantikan oleh Park Ji-won.

Namun, ia tetap mempertahankan posisinya sebagai Ketua Dewan Direksi dan produksi musik. Perjalanan karirnya yang dimulai dari agensi kecil hingga melahirkan boy grup Kpop besar BTS dan beberapa artis lainnya, menjadi bukti Bang Si-Hyuk pantas menerima penghargaan Clive Davis Visionary dari Billboard.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.