Sukses

Film Karya Anak Bangsa Masuk Nominasi Asia Tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta - Film karya anak bangsa berhasil masuk nominasi dalam Asian Film Award 2023. Film tersebut berjudul 'Autobiography' karya Makbul Mubarak.

Film Autobiography disandingkan dengan sejumlah karya sineas lain dari sejumlah negara di asia. Diketahui, film autobiography karya Makbul Mubarak merupakan edisi ke 16.

Nama Makbul Mubarak masuk dalam nominasi dengan kategori sutradara baru terbaik dan penulis skenario terbaik. Dalam kategori Sutradara Baru Terbaik, nama Makbul bersanding dengan sutradara lainnya seperti Saim Sadiq (Joyland - Pakistan).

Selanjutnya ada Jigme Trinley (One and Four - China), Chie Hayakawa (Plan 75 - Jepang), dan Kim Se-in (The Apartment with Two Women - Korea Selatan).

Sementara untuk kategori Penulis Skenario Terbaik, ada nama Jhung Seo-kyung, Park Chan-wook (Decision to Leave - Korea Selatan), Ryusuke Hamaguchi, OE Takamasa (Drive My Car - Jepang), Liu Jiangjiang, Yu Min (Lighting Up the Stars - China), dan Lav Diaz (When the Waves Are Gone - Filipina).

Selain autobiography, beberapa film karya anak Indonesia yang lain masuk dalam nominasi. Di antaranya film berjudul before, now & then yang memboyong lima nominasi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

22 Negara

Kelima nominasi tersebut di antaranya aktris terbaik dan aktris pendukung terbaik untuk Happy Salma dan Laura Basuki. Nominasi lain yakni sinematografi terbaik, desain produksi terbaik, dan desain kostum terbaik.

Pelaksanaan Asian Film Award 2023 akan berlangsung pada tanggal 12 Maret 2023 bertempat di Hongkong.

Dalam Asian Film Award 2023 ini mengumpulkan 30 film dari 22 negara yang nantinya akan memperebutkan 16 penghargaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.