Sukses

Seru dan Menyenangkan, 5 Channel Youtube Edukatif Bantu Belajar Anak

Orang tua harus lebih pandai memilih chanel youtube untuk sang buah hati agar tayangan yang ditonton tetap aman untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara bisa dilakukan dalam mendidik anak di era digital. Peran orang tua menjadi sangat penting mengawal tumbuh kembang hingga kecerdasan anak.

Maraknya penggunaan smartphone menjadi bagian dari tantangan orang tua dalam memberi pesan edukatif kepada anak. Orang tua wajib memfilter tontonan yang belum layak ditonton anak.

Banyak orang tua yang memilih memberi tontonan YouTube kepada anaknya sebagai hiburan sekaligus sarana edukasi. Namun, orang tua harus lebih pandai memilih channel youtube anak agar tayangan yang ditonton tetap aman untuk anak.

Ada cara untuk menyiasati hal tersebut, para orang tua bisa memakai filter atau mengunduh youtube anak supaya pencarian dan iklan yang muncul sesuai dengan usia mereka.

Selain itu, para orang tua juga perlu subscribe dan like bebrapa chanel yang kontennya berisi edukasi, semisal belajar membaca, nyanyian, mengaji dan menghitung.

Berikut beberapa rekomendasi chanel Youtube Anak yang menghibur sekaligus edukatif:

Nussa Official

Nusa Official adalah sebuah chanel youtube Indonesia yang menampilkan dua karakter tokoh animasi kakak beradik yaitu Nussa dan Rara. Tidak hanya menghibur chanel ini juga menyampaikan pesan-pesan moral yang pofistif, sekaligus pesan keagamaan yang mengandung nilai kehidupan untuk tumbuh kembang anak pada setiap episodenya.

Meski terbilang chanel baru, yakni dari tahun 2018, tapi Nussa Official sudah memiliki lebih dari 8 juta subscriber dan sudah berganti nama akun menjadi Little Giantz.

Cocomelon

Cocomelon merupakan nama salah satu chanel youtube anak yang berisi video edukasi animasi yang direkomendasikan untuk anak-anak prasekolah.

Salah satu lagu yang tidak asing dan cuup terkenal dalah yang berjudul “ABC Song” Lagu-lagu anak klasik, lagu original Cocomelon, dan kompilasi lagu dengan tema hewan laut disajikan dalam animasi 3D.

Ada pula lagu anak-anak yang mengenalkan alfabet dan huruf kecil dengan animasi 2D yang tentunya membuat buah hati Bunda semakin semangat untuk belajar.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pinkfong!

Siapa yang tidak tahu dengan lagu yang berjudul “Baby Shark” yang sempat booming itu. Lagu itu berasal dari chanel yang satu ini.

Lagu “Baby Shark” sendiri tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, bahkan orang dewasa juga ikut menyanyikannya karena memang se-asyik itu. Channel youtube dengan lebih dari 44 juta subscribers ini menampilkan karakter yang menggemaskan dan mengajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Anak-anak bisa belajar tentang alam, hewan, transportasi dan sebagainya pada channel ini.

National Geographic Kids

Channel National Geographic Kids sangat direkomendasikan untuk anak terutama yang sudah masuk usia Sekolah Dasar (SD). Channel ini berisi konten-konten terkait pengetahuan alam semesta, flora dan fauna.

Channel youtube khusus anak-anak dari National Geographic ini menyajikan penyampaian ilmu pengetahuan kepada anak-anak dengan kemasan yang menyenangkan dan video perjalanan yang penuh warna. Pengambilan gambar yang sinematik juga semakin menarik untuk ditonton.

Blippi

Channel Blippi ini dibawakan oleh seorang pembawa acara yang memakai topi baret dan dasi kupu-kupu. Dalam setiap videonya, Blippi akan mengajak anak-anak untuk mengunjungi suatu tempat untuk mempelajari tentang warna, angka, mesin, hingga hal-hal lainnya.

Anak-anak akan merasa senang dan terhibur tanpa mereka sadar bahwa mereka juga sedang mempelajari hal baru. Karena anak akan senang belajar jika itu seru dan menyenangkan. Selamat menonton dan belajar.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.