Sukses

Deretan Jajanan Es Jadul yang Populer pada Masanya, Kini Makin Sulit Dicari

Rasa yang ada pada es krim jadul yang dijual keliling dan populer pada masannya itu tentu tidak kalah dengan es krim kekinian.

Liputan6.com, Jakarta - Es krim menjadi salah satu hidangan populer masyarakat Indonesia. Varian rasa yang nikmat ditambah sensasi dinginnya yang membuat penikmat es krim suka.

Ragam cara dilakukan penjual es krim Indonesia. Mulai pedagang es krim keliling dengan rasa khas dan nuansa jadul hingga kekinian membuka suatu kedai bahkan menjadi franchise.

Namun yang membedakan es krim jadul dengan es krim saat ini mungkin hanya bentuk dan pola penyajiannya saja. Rasa yang ada pada es krim jadul khas tentunya tidak kalah dengan es krim kekinian.

Apalagi bagi anda anak 80 an atau 90 an tidak asing dengan es krim jadul asli Indonesia ini. Berikut dereta es krim jadul asli Indonesia yang nampaknya sudah mulai agak sulit untuk ditemui.

Es Potong

Salah satu kuliner masa kecil yang jadul dan wajib dicoba kala itu adalah es potong. Es ini berbentuk tabung kecil memanjang. Memiliki berbagai macam rasa buah, hal ini yang membuat digemari oleh anak- anak kala itu.

Diberi nama es potong karena memang penyajiannya dipotong dan ditusuk dengan kayu yang sangat kecil. Es potong ini terbilang sudah sangat langka, meski begitu masih ada orang yang menjualnya.

Es Dung Dung

Mengapa disebut sebagai es dung dung, karena penjajak dari es yang satu ini selalu menggunakan gong kecil sehingga menimbulkan suara "dung dung" disetiap langkah kakinya sambil mendorong gerobak kecilnya.

Ea krim yang diolah dengan bahan sederhana ini seperti tepung kanji, garam, santan dan susu kental manis ini dahulu sangat digemari oleh anak-anak.

Meskipun diolah dengan bahan yang sederhana, namun rasa yang dihadirkan dari es dung dung ini sangat khas seolah tidak akan lepas dari kemajuan zaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Es Goyang

Es krim jadul satu ini selalu menarik perhatian karena proses pembuatannya. Bagaimana tidak, untuk menghasilkan bentuk es krim yang bekunya merata, gerobak harus digoyang.

Itulah sebabnya es krim ini dinamai es goyang. Disajikan juga dengan celupan coklat cair dan cincangan kacang tanah.

Es Gabus

Anda yang ada di era 90 an tentunya sudah tidak asing dengan es yang satu ini. Terbuat dari agar-agar dan santan ini menimbulkan rasa yang lembut.

Apalagi dalam penyajiannya es yang satu ini selalu memiliki corak seperti pelangi dengan balutan plastik di luarnya.

Saat dinikmati ada sensasi yang berbeda dari es yang satu ini karena menimbulkan rasa yang lembut saat diemut seperti selembut gabus.

Apalagi pada zamannya, penjual dari es gabus ini selalu menambahkan susu kental manis coklat di atasnya sehingga menambah kaya cita rasa es yang satu ini.

Kira-kira es krim jadul mana saja yang sudah anda nikmati dan mungkin sebagian orang merasa kangen dengan es krim tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.