Sukses

Hantu-Hantu Usil di Gedung Angker Surakarta

Sosok Jasmine ini yang disebut sebagai sosok hantu anak Belanda yang mendiami bagian belakang gedung angker di Surakarta ini

Liputan6.com, Surakarta - Cerita mistis sebuah gedung di Jalan Ki Hajar Dewantara, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah viral di sosial media. Sebab, gedung ini dikenal sebagai salah satu gedung angker di Surakarta.

Dikutip dari laman Instagram @misterisolo, kisah misteri yang menyelimuti gedung ini terkenal legendaris. Bahkan, menurut pengelola akun Instagram tersebut gedung angker di Surakarta ini merupakan bekas makan atau kuburan.

"Sebelum dibangun gedung ini, daerah ini merupakan sebuah kantor PDAM dengan kebun terbengkalai yang luas dan terdapat makam di dalamnya," tulis akun Instagram tersebut.

Meskipun makam-makam tersebut berhasil dipindahkan, rupanya masih ada satu makam orang Belanda yang tetap berada di belakang gedung ini. Masyarakat sekitar kerap mengaitkan makam tersebut dengan sosok bernama Jasmine.

Sosok Jasmine ini yang disebut sebagai sosok hantu anak Belanda yang mendiami bagian belakang gedung angker di Surakarta ini. Bahkan menurut pegawai kebersihan gedung ini, hantu Jasmine tak senggan menampakan diri "untuk bermain" bersama.

Di beberapa sudut gedung ini dipercaya sebagai tempat Jasmine bermain. Tak heran jika terkadang ada kontak astral seperti pintu yang terbuka dengan sendiri sampai beberapa alat yang berpindah tempat secara tiba-tiba sering terjadi ketika malam tiba

Cerita mistis mengenai keberadaan Jasmine ini yang membuat pengunjung dan pegawai gedung ini diarang memanggil nama Jasmine. Tidak hanya sosok hantu Jasmine, ada beberapa soso makhluk astral yang juga meneror gedung ini.

Beberapa di antaranya, telepon misterius, sosok hantu tanpa kepala, hingga genderuwo. Sosok hantu tanpa kepala dengan kemeja hitam sering tampak berjalan di beberapa lorong gedung bahkan ketika siang hari.

Sosok genderuwo pun juga melengkapi aura mistis komplek ini. Konon, sang genderuwo sering menampakkan wujudnya yang menyeramkan kepada beberapa pengunjung yang sedang berada dalam gedung

Akan tetapi menurut akun Instagram yang sama, makhluk-makhluk halus di gedung angker ini bukanlah sosok yang membahayakan. Mereka hanya jahil karena ingin bermain dengan manusia yang disukai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.