Sukses

10 Rekomendasi Kuliner Halal di Kawasan Old Shanghai

Tempat wisata di Kawasan Sedayu City, Cakung, Jakarta Timur tidak hanya menyajikan ragam chinese food, tetapi juga mengenalkan ragam budaya Tiongkok pada pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Old Shanghai menjadi salah satu tempat wisata kuliner ala pecinan yang tengah populer. Tempat wisata di Kawasan Sedayu City, Cakung, Jakarta Timur tidak hanya menyajikan ragam chinese food, tetapi juga mengenalkan ragam budaya Tiongkok pada pengunjung.

Meski chinese food terkenal akan olahan babi, ada banyak kios yang menjajakan kuliner halal di kawasan ini. Dikutip dari laman resmi akun Inatgram @oldshanghai.id, berikut ragam kuliner halal Old Shanghai.

1. Yen Pao

Pao menjadi salah satu ikon kuliner Tionghoa. Tentunya keberadaan kuliner halal ini dapat dengan mudah ditemukan di sentra kuliner chinese food, tak terkecuali di Kawasan Old Shanghai.

Salah satu gerai pao legendaris yang ada di kawasan ini adalah Yen Pao. Yen Pao sudah berdiri sejak 1990.

Kedai ini menjual beraneka macam pao dan mi. Pao dari kedai ini memiliki tekstur yang lembut apalagi saat dibelah isiannya melimpah.

Ada dua menu andalan, yaitu ayam panggang dan kacang ijo. Aneka pao halal ini dijual dengan harga mulai dari Rp10.000-an.

2. Laota Ge

Laote menjadi salah satu kios kuliner halal di Old Shanghai selanjutnya. Menu andalam kios makanan ini adalah sajian bubur Tiongkok.

Meski termasuk chinese food, kios ini menjajakan kuliner halal. Salah satu menu yang best seller adalah bubur ikan kerapu.

Bubur khas Hong Kong dimasak dengan ikan kerapu, sehingga menghadirkan rasa gurih nan umami dari hewan laut ini. Ada juga potongan cakwe yang besar tetapi tetap lembut sebagai topping dari hidangan ini.

Aneka menu kuliner halal ini dibanderol mulai dari Rp50.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olabi

3. Olabi

Bola ubi kopong juga menjadi salah satu kuliner viral yang dapat ditemui di Kawasan Old Shanghai. Olabi menyajikan aneka bola ubi kopong dengan berbagai variasi.

Bola ubi yang manis dan krispi dapat menjadi teman pengunjung berkeliling, menikmati suasana Kawasan Old Shanghai. Selain bola ubi, ada juga onde-onde dengan isian kacang hijau.

Wisatawan juga bisa memilih tambahan topping gula halus atau taburan cokelat bubuk sesuai selera. Harga seporsi bola ubi ini dibanderol Rp30.000.

4. Hoy Tod

Hoy Tod menjadi salah satu kios yang menjajakan kuliner halal di Kawasan Old Shanghai. Menu populer dari kios ini adalah sajian oyster omellette yang selalu ludes diburu pecinta kuliner.

Oyster omllette berupa daging tiram atau oyster yang didadar dengan campuran air tepung, telur ayam, bumbu, dan cincangan daun bawang serta seledri. Cita rasa daging tiramnya lezat, gurih, tidak amis, terlebih ditambah saus khasnya yang asam manis pedas.

Selain oyster omelletter, kios ini juga menawarkan sajian berbahan telur ayam, sehingga dijamin No Pork No Lard. Aneka menu kuliner halal di Kawasan Old Shanghai ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp40.000.

5. Croco by Monsieur Spoon

Bukan hanya masakan Asia saja yang ada di Old Shanghai. Wisatawan juga bisa menemukan gerai croissant ala Eropa, salah satunya di kios Croco by Monsieur Spoon.

Croco by Monsieur Spoon menyajikan beragam jenis croissant, mulai dari reguler, croissant burger, hingga croissandwich. Salah satu menu andalannya adalah banana chocolate pepito.

Pastry ini memiliki tekstur yang renyah namun tetap lembut saat dipotong. Aneka menu kuliner halal di kios ini dibandrol dengan harga Rp35.000.

 

3 dari 3 halaman

Master Squid

6. Master Squid

Bagi para pecinta olahan seafood, master squid dapat menjadi rekomendasi kuliner halal di Old Shanghai selanjutnya. Cumi-cumi utuh ukuran besar akan diselimuti tepung, diberi tusukan, lalu digoreng sampai garing untuk siap disantap.

Daging cumi yang tebal dan kenyal tersebut tentu tidak lagi berbau amis. terlebih dengan tambahan bumbu seperti salt&pepper, seaweed, BBQ hingga cheese. Selain giant squid, tersedia juga squidy mealbox, curly squid, squid tamago, squid ball, hingga French fries dan tornado potato.

Aneka menu Master Squid di Kawasan Old Shanghai dibanderol mulai dari Rp 50.000.

7. Tan Ek Tjoan

Bagi penggemar roti gaya tempo doeloe, pasti akrab dengan roti legendaris asal Bogor bernama Tan Ek Tjoan. Toko roti legendaris ini tetap eksis hingga saat ini meskipun sudah berdiri sejak 1920.

Selain bisa ditemui di pedagang roti keliling, wisatawan juga dapat bersantap aneka roti ala Tan Ek Tjoan di Kawasan Old Shanghai. Gaya roti old school ini masih punya pengagumnya sendiri.

Salah satu yang paling disukai adalah roti gambang yang mirip roti gandjel rel atau ontbijtkoek khas Belanda. Pilihan rasa lainnya dari mulai roti abon, cokelat siram, kacang tanah, srikaya, pandan, dan mocca.

Aneka roti Tan Ek Tjoan di Kawasan Old Shanghai dibanderol mulai harga Rp 11.000.

8. Ponggol Nasi Lemak

Nasi lemak dan es goyang ala kios Ponggol Nasi Lemak menjadi salah satu kuliner halal di Kawasan Old Shanghai yang ramai di buru. Cita rasa nasi lemak yang gurih dan kaya, ditambah harga yang terjangkau membuat kios banyak pengunjung rela antri di kios ini.

Selain nasi lemak, kios kuliner halal ini juga terkenal akan sajian es goyang yang legendaris. Es goyang yang dijual merupakan modifikasi dari jajanan zaman dulu dengan berbagai varian toping yang sudah kekinian seperti oreo, crumbs, kacang almond, choco crunch, dan lain-lain.

Aneka menu nasi lemak ala Ponggol ini dibanderol mulai dari Rp 40.000. Sedangkan aneka menu es goyang di kios ini dibanderol mulai dari Rp 20.000.

9. Bakmi Kepiting Pontianak

Wisatawan juga dapat menemukan aneka olahan bakmi yang lezat di Kawasan Old Shangai.Salah satunya ialah di kios Bakmi Kepiting Pontianak.

Salah satu kuliner halal di Kawasan Old Shanghai ini menyajikan aneka olahan bakmi. Menu utama yang kios ini jajakan adalah bakmie seafood kepiting.

Dalam satu mangkuk sajian ini berisi mi dengan topping daging kepiting, crab stick, bakso ikan, dan ayam jamur. Tambahannya ada pangsit goreng yang garing dengan saus sambal sebagai pelengkap.

Aneka menu di kios kuliner halal ini dibanderol mulai dari Rp 20.000 - Rp 40.000.

10. Uncle Orchard Ice Cream Singapore

Rekomendasi kuliner halal di Kawasan Old Shanghai selanjutnya adalah sajian dessert manis dingin berupa es potong gaya Singapura. Uncle Orchrad menyajikan es krim seperti sandwich dengan roti tawar yang menjadi ciri khas.

Tekstur es krimnya yang padat berbentuk balok yang dilengkapi aneka rasa lezat. Pilihan rasanya ada cokelat, cookies n cream, vanilla, red bean, blueberry, kopyor, greentea, dan durian.

Roti tawar untuk menikmatinya bisa dipilih dari mulai roti tawar putih, roti pandan, serta roti Pelangi warna-warni. Aneka es krim Uncle Orchard dibanderol mulai dari Rp 25.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.