Sukses

Sedang Viral, Tips Bijak Bermain Lato-Lato Tanpa Ganggu Lingkungan Sekitar

Diketahui, lato-lato bukan permainan asli dari Indonesia tapi merupakan permainan asal Amerjka

Liputan6.com, Jakarta - Permainan lato-lato kini sedang hits di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, Presiden Jokowi sempat memainkan lato-lato.

Permainan lato-lato juga berhasil masuk ke berbagai kalangan masyarakat. Hingga di beberapa daerah, lato-lato diperlombakan. 

Diketahui, lato-lato bukan mainan tradisional Indonesia, melainkan permainan tradisional Amerika Serikat yang sering disebut sebagai knockers atau ball clackers.

Keseimbangan menjadi kunci keberhasilan untuk memainkan lato-lato ini serta konsentrasi bagi para pemainnya.

Namun jangan salah, ternyata bagi sebagian orang, permainan lato-lato dihindari karena suara yang ditimbulkan cukup membuat bising.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk bijak dalam bermain lato-lato agar tidak mengganggu yang lain. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara agar permainan lato-lato, tak menimbulkan masalah sosial.

Orang yang Sedang Mengaji

Jangan sekali-kali memainkan permainan lato-lato di samping orang yang lagi mengaji, kenapa? Orang yang sedang mengaji tentunya sedang melakukan ibadah dan mengumpulkan pahala. Akan sangat tidak pantas jika orang yang sedang mengaji terganggu dengan suara lato-lato ini.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penderita Sakit Gigi

Sudah tahukah bagaimana rasa sakitnya menahan ngilunya saat sakit gigi, tentunya suara lato-lato akan membuat penderita sakit gigi semakin jengkel.

Apalagi, di saat sakit gigi melanda tentunya hal apa pun yang didengarnya dengan volume yang tinggi akan membuat naik darah. Jadi sampai bermain lato-lato di dekat orang yang sedang sakit gigi.

Penderita Migrain

Suara yang ditimbulkan oleh permainan lato-lato mungkin bagi sebagian orang sangat mengganggu. Mengingat suara yang ditimbulkan dari permainan yang satu ini sangat mengganggu.

Apalagi bagi orang-orang yang sedang sakit migran, tentunya suara permainan yang satu ini sangatlah memusingkan.

Jadi bagi Anda yang ingin memainkan lato-lato alangkah baiknya bisa melihat kondisi sekitar. Hal itu guna bisa menjaga keharmonisan diantara kita dengan wilayah sekitar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.