Sukses

Satu Hektare Ladang Ganja di Bukit Barisan

Satu hektare ladang ganja kembali ditemukan oleh satuan reserse narkoba kepolisian Resor Empat Lawang. Ladang ganja yang berisi 500 tanaman ganja itu berada di kawasan Bukit Barisan tepatnya di Desa Batu Jungul, Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Liputan6.com, Palembang Satu hektare ladang ganja kembali ditemukan oleh satuan reserse narkoba kepolisian Resor Empat Lawang. Ladang ganja yang berisi 500 tanaman ganja itu berada di kawasan Bukit Barisan, tepatnya di Desa Batu Jungul, Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel.

Kasat Reserse Narkoba Polres Empat Lawang, Iptu Rudin mengatakan di ladang ganja itu ada 500 batang ganja yang sengaja ditanam untuk diperjualbelikan oleh pemilik ladang. 

"Semua (ganja) dalam kondisi siap panen," katanya, Rabu (4/1/2023).

Dia menyebut, penemuan ladang ganja di wilayah perbukitan itu tidak hanya kali ini. Pihak kepolisian juga telah melakukan aksi serupa di Empat Lawang.

Sebelumnya, pada Februari 2022 lalu, 1.000 batang ganja yang siap dituai juga ditemukan di Bukit Mandi Angin, Kecamatan Pendopo Barat oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pemilik Lahan Kabur

Ketika pihak kepolisian melakukan penggerebekan, ladang tersebut tak lagi dijaga alias pemilik lahan sudah kabur. Meski demikian, identitas pemilik lahan telah diketahui yakni berinisial RE.

Menurut Rudin, pelaku sengaja menanam barang haram itu di lokasi perbukitan agar tidak mudah terdeteksi pihak berwajib.

"Identitas pelaku ini sudah didapatkan. Sekarang masih dalam pengejaran petugas," terang Rudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.