Sukses

Kecelakaan Maut Kembali Terjadi di Turunan Muara Rapak Balikpapan

Setelah pada awal tahun terjadi kecelakaan lalu lintas di turunan Muara Rapak Balikpapan Utara, kini jelang tutup tahun, terjadi kembali kecelakaan di lokasi yang sama.

Liputan6.com, Balikpapan - Tragedi kecelakaan lalu lintas di turunan Muara Rapak, Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan Utara kembali terulang, pada Selasa (27/12/2022) sore sekitar pukul 15.33 Wita. Kecelakaan lalu lintas kali ini di tengah perbaikan pelebaran jalan yang dilakukan di turunan Muara Rapak tersebut.

Kecelakaan maut itu melibatkan dua truk ready mix milik PT Anugerah Jaya Beton dan truk ready mix milik PT Fortuna Ready Mix. Akibatnya, salah seorang sopir ready mix bernama Alex Thomas warga kelurahan Manggar mengalami luka berat dan sempat terjepit lantaran bagian depan truk ringsek.

Sontak kejadian itu membuat kondisi di turunan Muara Rapak yang padat kendaraan semakin ramai, lantaran banyak pengendara yang berhenti untuk membantu dan menonton kejadian tersebut.

Dari kondisi kedua kendaraan, truk Ready Mix AB 9034 AK mengalami rusak berat pada bagian depan sementara truk ready mix KT 9968 AU rusak berat pada bagian belakang.

Pengawasan proyek di pelebaran turunan Rapak mengaku, H Rifai mengatakan pada saat kejadian dirinya ada di lokasi sambil mengawasi pekerjanya, tiba-tiba melihat dari arah atas ada Ready Mix mengarah ke sisi kiri jalan menghantam pagar proyek, median jalan hingga truk Ready Mix yang parkir ditabrak dari belakang.

"Brakkk, saya lihat itu mobil dari atas laju seperti enggak bisa ngerem, untung si sopir sempat banting stir ke kiri jalan," ujar Rifai di lokasi kejadian.

Pada saat kejadian kondisi lalu lintas cukup terbilang ramai, karena ada sejumlah kendaraan baik roda dua dan roda empat menunggu di traffic light. Kuat dugaan si sopir ini banting setir ke kiri untuk menghindari kecelakaan yang lebih fatal.

"Ready Mix yang KT 9968 AU itu rencananya mau buang muatannya di proyek ini tapi lagi antre karena ada ready mix lainnya yang masih buang muatan, kalau yang plat AB 9034 SK bukan buang muatan di proyek ini," akunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sopir Truk Meninggal Dunia

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Ropiyani langsung turun ke lokasi kejadian meninjau usai kecelakaan truk ready mix yang terjadi.

Kepada awak media, Ropiyani mengatakan untuk kronologi sementara truk ready mix dengan plat nomor AB 9034 AK yang dikendarai Alex Thomas warga Manggar ini sempat menyenggol angkot kemudian karena tidak seimbang dan gagal lakukan pengereman akhirnya dia banting ke kiri sehingga menabrak pembatas seng proyek.

"Setelah itu, menabrak truk ready mix yang akan menurunkan material olahan semen cor di proyek pelebaran jalan," beber Ropiyani.

"Kejadian tabrakan ini terjadi diakses jalan yang baru saja dilebarkan," tambahnya.

Ditanya terkait perihal kondisi sang sopir dan kernet, Ropiyani mengaku untuk kondisi sang sopir mengalami luka di kepala dan sempat terjepit selama 30 menit sebelum bisa dikeluarkan dari ruang kemudi.

"Sopir masih dalam perawatan di RSKD, kalau kondisi kernet luka ringan dalam keadaan sadar," tuturnya.

Namun, informasi terakhir yang diterima Liputan6.com korban bernama Alex meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini