Sukses

Liburan Tahun Baru, Ini 3 Waduk Eksotik Tujuan Wisata di Blora

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Bingung pergi liburan Tahun Baru? Coba deh liburan ke Blora.

Ternyata, Kabupaten Blora tidak hanya terkenal dengan pohon kayu jatinya saja, lho. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Di antaranya ada Goa Terawang, Taman Seribu Lampu, Goa Sentono, dan beberapa wisata air seperti waduk. 

Jika kamu suka dengan wisata air, coba kunjungi beberapa waduk yang terkenal di Blora. Di sini kamu bisa melihat keindahan waduk yang membentang sepanjang kota.

Tak hanya berfungsi sebagai irigasi, waduk di Kabupaten Blora memiliki sejumlah atraksi. Apa saja waduk yang bisa kamu kunjungi

1. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo dekat dengan tempat wisata Goa Terawang. Waduk ini berfungsi sebagai sarana penampungan air yang dapat digunakan untuk mengairi persawahan di sekitarnya. Selain sebagai irigasi, waduk ini juga menjadi tempat favorit wisatawan warga Kabupaten Blora.

Waduk Bentolo sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang menjadi daya tarik para wisatawan, karena waduk tersebut dikelilingi bukit dan pepohonan yang rindang. Lokasi Waduk Bentolo ini beralamat di Daerah Desa Tinapan, Kecamatan Todonan, Kabupaten Blora. 

2. Waduk Tempuran

Tidak jauh berbeda dengan Waduk Bentolo, Waduk Tempuran juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi. Tidak hanya sebagai irigasi, waduk ini menjadi daya tarik wisata kota sekaligus menjadi tempat pembinaan atlet-atlet internasional seperti cabang olahraga dayung.

Mengutip laman jatengprov.go.id, waduk yang dibangun pada 1916 oleh kolonial Belanda ini juga berfungsi sebagai lahan pertanian dan perikanan, kawasan wisata perahu naga, petik jambu kristal, wisata edukasi, serta sentra kuliner aneka olahan ikan.

Wisata waduk Tempuran ini juga telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat kamu nikmati yaitu warung makan lesehan yang menyediakan berbagai makanan khas Blora. Jadi ,bagi para wisatawan tak perlu khawatir lagi jika merasa lapar, karena sudah ada tempat makan yang beragam.  Waduk Tempuran ini berada di Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

3. Waduk Greneng

Wisata waduk selanjutnya yaitu wadung Greneng. Waduk Greneng memiliki daya tarik berbeda dengan waduk lainya karena waduk ini dikelilingi banyak pohon ataupun tanaman yang dapat menambah keindahan pemandangan.

Lokasinya berada di Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sekitar 12 Km dari pusat kota Blora. Wisatawan bisa berkunjung juga ke wisata Cemoro pitu dan kebun buah Greneng menggunakan speedboat yang bisa menyebrang ke cemoro pitu ataupun berkeliling waduk. Tak hanya itu, wisatawan bisa memancing di waduk ini juga. 

Sudah siap berwisata air di Blora? Yuk, segera kemas bajumu dan persiapkan tiket ke Blora untuk libur tahun baru nanti!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.