Sukses

5 Destinasi Wisata Dekat Gunung Merapi, Pas untuk Memanjakan Mata Bersama Keluarga

Berikut rekomendasi wisata dekat Gunung Merapi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia. Pemandangan di sekitar Gunung Merapi tak pernah gagal membuat decak kagum para pengunjungnya.

Sejak erupsi besar pada 2010, Gunung Merapi masih menjadi destinasi wisata favorit bagi semua orang, termasuk para pencinta alam. Bahkan, saat ini, di sekitar lereng Gunung Merapi terdapat banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Berikut rekomendasi wisata dekat Gunung Merapi:

1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem adalah salah satu tempat wisata yang terletak di lereng Merapi. Seperti namanya, tempat ini awalnya difungsikan sebagai tempat berlindung warga ketika terjadi erupsi Merapi.

Destinasi ini memungkinkan pengunjung untuk melihat lebih dekat keindahan dan kemegahan Gunung Merapi. Bunker Kaliadem terletak tepat di sebelah selatan Gunung Merapi dan tepat berada di atas rumah Mbah Maridjan.

Bunker Kaliadem menyuguhkan keindahan sekaligus sisi magis. Ketika pengunjung masuk ke area bunker, sisi magis dari cerita mengerikan saat peristiwa erupsi Merapi 2010 pun akan terasa.

2. Ekowisata Kalitalang 

Ekowisata Kalitalang cocok untuk kamu yang tak biasa mendaki. Destinasi wisata ini terletak di atas ketinggian 1.600 Mdpl.

Puncak dan kawah Gunung Merapi terlihat begitu dekat dari objek wisata ini. Untuk bisa sampai ke lokasi, pengunjung harus melewati rute sungai aliran lava Merapi.

3. Jembatan Plunyon Kalikuning

Jembatan Plunyon Kalikuning memiliki aliran air sungai yang jernih. Tempat ini juga memiliki beberapa spot foto yang menarik.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa menikmati wisata jip lava tour. Adapun harga sewa jip lava tour sebesar Rp300 ribu saja.

4. Nawang Jagad

Terletak di kawasan Kaliurang, Nawang Jagad menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang diapit oleh bukit Turgo dan bukit Plawangan. Tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi berkemah bersama teman-teman dan keluarga.

Selain berkemah, pengunjung juga bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi outbond karena memiliki area yang sangat luas. Terkait peralatan outbond, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjangnya.

5. Tankaman Natural Park

Tankaman Natural Park adalah destinasi wisata Yogyakarta yang menyajikan landscape Gunung Merapi. Lokasinya yang masih berada di rimbun pepohonan membuat suasana di sini semakin sejuk.

Tankaman Natural Park terletak di kawasan Kaliurang. Salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Gunung Merapi ini juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti camping, bersepeda, hingga berkumpul bersama keluarga atau teman dekat.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.