Sukses

6 Jurus Menjaga Kelestarian Budaya Daerah, Salah Satunya Bisa Dilakukan Saat Mager

Liputan6.com, Yogyakarta - Budaya daerah merupakan kekayaan sekaligus identitas suatu negara. Oleh sebab itu, melestarikan budaya agar tak pudar merupakan salah satu hal yang penting dilakukan.

Pasalnya, modernisasi yang berkembang sangat pesat bisa saja menggeser keberadaan budaya. Melestarikan budaya daerah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar kelestarian budaya daerah tetap terjaga:

1. Culture experience

Langkah pertama untuk mempertahankan budaya yang bisa dilakukan adalah dengan terjun langsung. Culture experience atau pengalaman kultural bisa memperkuat koneksi antara diri sendiri dan budaya.

Beberapa contoh culture experience adalah dengan mengikuti dan mempelajari kegiatan budaya secara langsung, salah satunya menari. Dengan terjun dan menyentuh budaya secara langsung, akan memperkuat rasa dan ikatan antara diri dan budaya itu sendiri.

2. Culture knowledge

Setelah terjun langsung ke dalam budaya daerah, langkah selanjutnya yang bisa diambi adalah culture knowledge. Culture knowledge berarti menambah pengetahuan tentang kebudayaan dan mengembangkannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Komunitas

3. Bergabung dalam komunitas

Cara selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Cara yang satu ini dapat memperluas jaringan pelestarian budaya, sehingga kebudayaan daerah tetap berkembang di tengah modernisasi.

Dalam satu komunitas, seseorang akan bertemu dengan orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam mempertahankan budaya. Tak hanya itu, di komunitas seseorang juga bisa berdiskusi tentang budaya masing-masing.

4. Memperkenalkan budaya melalui sosial media

Memperkenalkan budaya ke ruang yang lebih luas juga merupakan salah satu upaya melestarikan budaya. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui sosial media dan tentu saja bisa dilakukan saat orang sedang dalam posisi mager (malas gerak).

Jangkauan sosial media sangat luas, sehingga budaya yang dikenalkan pun akan lebih cepat tersebar ke semua kalangan hingga ke mancanegara. Selain itu, melalui hal ini, budaya daerah juga akan berkembang mengikuti modernisasi.

5. Menggunakan produk buatan Indonesia

Menggunakan produk asli Indonesia juga merupakan bentuk kampanye memperkenalkan budaya daerah. Saat sedang pergi ke luar negeri, gunakan produk Indonesia untuk menarik perhatian warga setempat.

6. Mengekspor barang hasil kesenian

Langkah yang satu ini bisa dilakukan oleh pengusaha. Mempromosikan produk budaya atau kesenian lokal ke luar negeri juga merupakan bentuk menjaga eksistensi budaya.

Barang-barang tersebut dapat diekspor ke luar negeri, sehingga akan memperluas pasar. Melalui hal ini, budaya daerah akan tetap terjaga kelestariannya sekaligus dapat berkembang lebih luas.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS