Sukses

3 Manfaat Mengejutkan Buah Lontar untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Buah Lontar banyak dijumpai di negara-negara tropis seperti Asia Tenggara maupun Amerika Selatan. 

Buah dengan cangkang yang keras namun ketika dibelah dalamnya seperti kolang kaling.

Buah lontar diketahui memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Bahkan Buah lontar ini memiliki kandungan air di dalam buah yang menyegarkan seperti air kelapa muda.

Tanaman buah lontar ini sudah dibudidayakan di beberapa negara selain Indonesia yakni di India, Kamboja, Cina, Malaysia, Thailand, Sri Lanka, hingga Burma bahkan mencapai ke Florida Selatan dan Hawaii.

Konon, buah lontar atau siwalan ini dikatakan mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Buah ini juga dijadikan sebagai obat tradisional untuk sakit disentri dan empedu.

Bahkan rebusan dari kulit batang pohon lontar dicampur dengan garam mampu mengobati sariawan dan radang gusi.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Buah Lontar

Meringankan Masalah Kulit

Ruam panas dan biang keringat bisa diringankan dengan mengonsumsi buah lontar ini.

The Pan African Medical Journal menjelaskan bahwa ruam panas atau biang keringat terjadi karena adanya penyumbatan di saluran keringat akibat paparan panas.

Efek Sejuk Bagi Tubuh

Layaknya meminum air kelapa muda, mengonsumsi buah lontar juga memberikan rasa sejuk bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi setelah penyimpanan di dalam lemari es.

Masalah lain yang dapat diringankan dengan buah ini akibat paparan panas matahari yakni kulit kering, dehidrasi, dan mampu mengganti cairan elektrolit yang hilang akibat keringat berlebih.

Membantu Meringankan Masalah Pencernaan

Buah lontar yang memiliki rasa seperti kelapa muda yang lembut ini ternyata mampu mengatasi sembelit dan meningkatkan pergerakan usus dalam perut kita sebagai salah satu alat pencernaan.

Selain itu, buah lontar ini juga mampu menurunkan kadar asam lambung dan mengobati sakit maag.

Bahkan wanita hamil dapat mengkonsumsi buah siwalan ini karena dipercaya mampu meringankan beberapa sakit perut ringan dan mual akibat kehamilan.

Hal ini terjadi karena adanya efek inflamasi yang terkandung dalam buah lontar dipercaya mampu mengobati mual dan muntah 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS