Sukses

Melihat Persiapan Pemprov Sulbar sebelum Tanam 1,2 Juta Mangrove

Liputan6.com, Mamuju - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik meninjau lokasi pelaksanaan gerakan menanam 1,2 juta mangrove. Untuk Kabupaten Mamuju, Pantai Landi di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro menjadi lokasi penanaman yang dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon itu.

Akmal Malik mengatakan, menanam 1,2 juta mangrove sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo, yakni menjalankan gerakan menanam pohon selama bulan Desember. Dia menambahkan, 1,2 juta mangrove itu akan ditanam secara bertahap selama November dan Desember.

"Besok (28 November) kita akan memulai program kolaborasi bersama sama dengan forkopimda Sulbar. Kita awali besok dengan 188 ribu pohon, dengan target 1,25 juta pohon selama bulan Desember," ujar Akmal di Mamuju, Minggu (27/11/22).

Akmal mengungkapkan, penanaman mangrove ini akan dilakukan serentak di lima kabupaten di Sulawesi Barat. Untuk tahap awal di Mamuju, tepatnya di Pantai Landi akan ditanam 20 ribu pohon mangrove.

"Terima kasih atas kolaborasinya, saya lihat persiapannya sudah cukup bagus," ungkap Malik. 

Akmal berharap masyarakat dapat memberi saran kepada Pemprov Sulawesi Barat jika ada pantai yang terdampak abrasi dan belum tersentuh. Menurutnya kepedulian terhadap lingkungan harus berangkat dari kesadaran masyarakat.

"Selain pembelajaran bagi masyarakat, penanaman mangrove ini juga akan menjadi pembelajaran bagi generasi muda. Kita melibatkan pelajar dan mahasiswa pada kegiatan ini," tutup Akmal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS