Sukses

Sama-Sama Dalaman Kebaya, Ini Perbedaan Longtorso dan Bustier

Liputan6.com, Yogyakarta - Kebaya merupakan pakaian tradisional yang pernah digunakan hampir semua perempuan, baik kebaya tradisional maupun modern. Kebaya modern biasanya menggunakan bahan transparan, sehingga membutuhkan dalaman bustier (kamisol) atau longtorso.

Meski sama-sama berfungsi sebagai dalaman kebaya sekaligus menciptakan ilusi tubuh yang lebih ramping, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Berikut perbedaan bustier dan longtorso:

1. Penggunaan

Longtorso biasanya berbahan transparan dan digunakan sebagai dalaman kebaya tradisional. Sementara bustier digunakan sebagai dalaman kebaya modern berbahan transparan, seperti brokat atau tulle.

Model bustier pun biasanya lebih variatif karena bisa disesuaikan dengan model kebaya yang akan dikenakan. Selain digunakan sebagai dalaman kebaya, bustier juga banyak dikenakan sebagai gaun malam maupun atasan yang dipadukan dengan celana untuk kesan lebih santai dan kasual.

2. Jenis bahan

Longtorso biasanya menggunakan bahan pelapis yang tipis. Sementara bustier menggunakan bahan-bahan yang lebih tebal dan tidak transparan, seperti kain shantung, raw silk, maupun thai silk.

Namun karena memiliki kegunaan yang lebih luas, bustier juga ada yang terbuat dari kain tipis dan tembus pandang, seperti lace. Bahkan, ada juga bustier yang bermotif print.

3. Warna

Longtorso biasanya memiliki pilihan warna yang cenderung lebih sedikit, seperti cream, hitam, abu-abu, dan putih. Adapun pilihan warna untuk bustier biasanya lebih banyak karena disesuaikan dengan warna kebaya yang akan dikenakan.

4. Penyangga

Bahan penyangga yang dipakai pada longtorso tidak terlalu kaku, sehingga nyaman saat digunakan. Berbeda dengan longtorso, bustier biasanya mengunakan bahan penyangga yang lebih kuat, seperti kawat atau rangkaian tulang, sehingga membuat bentuk dada lebih terisi dan terangkat.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS