Sukses

Sarat Keunikan, Ini 6 Remomendasi Wisata Alam di Garut

Liputan6.com, Garut - Garut menjadi salah satu daerah tujuan wisata populer di Jawa Barat. Berbagai destinasi wisata dengan keunikannya masing-masing ada di sini.

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi adalah yang berkaitan dengan alam. Berikut rekomendasi wisata alam Garut yang bisa kamu kunjungi:

1. Gumuk Pasir Ujung Karang

Gumuk Pasir Ujung Karang berlokasi di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mengutip dari akun Instagram @infojawabarat, tempat ini sekilas mirip dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta.

Destinasi wisata ini merupakan wujud potensi keindahan yang dimiliki Garut Selatan. Lokasi ini menjadi destinasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

2. Gunung Papandayan

Jika kamu menyukai wisata dengan traking yang cukup landai, Gunung Papandayan bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata ini berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Papandayan termasuk ke dalam gunung api strato. Sama seperti di Gunung Tangkuban Parahu, kamu bisa melihat kawah bekas letusan gunung yang meninggalkan lubang besar berisi air.

Selain itu, kamu juga bisa berendam di air panas alami dengan suhu mencapai 30 derajat Celsius. Tak hanya itu, hutan mati juga bisa menjadi spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kampung Sampireun

3. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun berlokasi di Jalan Raya Samarang Kamojang, Kabupaten Garut. Tempat ini cukup populer karena memiliki pemandangan khas alam Garut yang memesona dengan udara yang sejuk.

4. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa berlokasi di Jalan Raya Kamojang KM.5 Samarang, Samarang, Garut, Jawa Barat. Lokasi ini merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan hamparan keindahan bunga mawar.

Kebun Bunga Mawar Situhapa sudah ada sejak 2012 lalu. Lokasi ini ditemukan oleh salah satu pasangan kolektor bunga.

5. Lembah Karacak

Lembah Karacak berada di Jalan Karacak Valley, Margawati, Kabupaten Garut. Destinasi wisata ini berupa hutan pinus dan perkebunan kopi dengan luas seluruhnya mencapai 10 hektar.

Selain hutan pinus dan perkebunan kopi, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Cikuray dan Curug Ngebul. Lokasi ini juga bisa dijadikan tempat berkemah.

6. Situ Bagendit

Situ Bagendit yang berlokasi di Kabupaten Garut ini tak hanya dikenal dengan keindahannya. Situ atau danau ini juga menyimpan kisah tentang Nyai Bagendit yang menjelma menjadi lintah berukuran besar.

Konon, Nyai Bagendit adalah sosok orang kaya yang sangat pelit terhadap sesama. Akhirnya, ia mendapatkan hukuman karma dan tenggelam di danau ini.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS