Sukses

Profil Morgan Freeman dan Daftar Film yang Pernah Dia Bintangi

Kehadiran Morgan Freeman dalam pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar membuat publik terkagum-kagum melihatnya.

Liputan6.com, Bandung - Kehadiran Morgan Freeman dalam pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 membuat publik terkagum-kagum melihatnya. Acara yang dilaksanakan di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Minggu (20/11/2022) ini telah sukses digelar.

Aktor senior Hollywood ini juga memberikan pidato pembukaan mengenai sepak bola menyatukan bangsa. Ia ditemani oleh Ghanim Al Muftah, sosok yang menginspirasi dan salah satu Brand Ambassador Piala Dunia 2022.

"Sepak bola menyatukan bangsa, mempersatukan negara-negara dalam kecintaan mereka pada permainan yang indah," kata Morgan.

Selain menjadi aktor, Morgan juga sering menjadi narator dan pernah menjadi sutradara. Pria kelahiran Memphis pada 1 Juni 1937 ini mempunyai nama lengkap Morgan Porterfield Freeman Jr.

Dalam dunia akting, kariernya dimulai menjadi pemeran figuran melalui film The Pawnbroker (1964). Morgan mulai dikenal publik ketika penampilannya menjadi Fast Black di film Street Smart (1987) bahkan menerima nominasi Best Supporting Actor dalam gelaran penghargaan Oscar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Film Terbaik Morgan Freeman

Melansir dari situs IMDB, ada banyak sekali film-film terbaik yang pernah dibintangi oleh Morgan Freeman. Berikut di bawah ini adalah lima film Morgan Freeman yang harus kalian tonton:

1. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption merupakan film 1994 yang mendapatkan posisi pertama sebagai film terbaik sepanjang masa di situs IMDB. Film ini merupakan film karya Frank Darabont yang diperankan oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman.

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption. Menceritakan kisah seorang bankir Andy Dufresne (Tim Robbins) yang dihukum penjara seumur hidup di Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Shawshank.

Ia didakwa atas pembunuhan Linda Dufresne dan Glenn Quintin yaitu istri dan kekasihnya meskipun mengaku tidak bersalah. Andy terus membela dirinya namun bukti tetap mengarah padanya. Di penjara ia berteman dengan Red (Morgan Freeman) yang sudah ada disana selama 20 tahun.

2. Se7en (1995)

Se7en adalah film 1995 yang disutradarai oleh David Fincher dan diperankan oleh Morgan Freeman serta Brad Pitt. Film ini menceritakan mengenai pembunuh berantai yang terobsesi kepada tujuh dosa utama mematikan atau seven deadly sins.

Adapun detektif yang menangani kasus tersebut adalah detektif William R Somerset (Morgan Freeman) dan juga detektif muda David Mills (Brad Pitt) penyelidikan dimulai dari beberapa korban dan membuat penonton pasti tegang dan penasaran untuk menontonnya.

3. Invictus (2009)

Film Invictus adalah film 2009 yang menceritakan mengenai perjalanan bersejarah Nelson Mandela yang berjuang dalam menanamkan prinsip kesetaraan dari warga kulit putih dan kulit hitam.

Setelah terjadinya apartheid Presiden Nelson Mandela pun berusaha dalam mempersatukan rakyatnya kembali. Adapun salah satu caranya adalah dengan mendukung tim rugby nasional dalam memenangkan gelar kejuaran Piala Dunia Rugby 1995.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. The Dark Knight (2008)

Film superhero The Dark Knight merupakan film yang menceritakan kisah Batman yang bertemu dengan musuh barunya yaitu Joker. Joker adalah sosok penjahat yang mempunyai otak kriminal dalam menghancurkan Gotham City.

Batman pun harus berjuan dalam menghentikan hal tersebut sebelum semuanya terlambat. Adapun Batman dalam film ini diperankan oleh Christian Bale. Adapun Morgan Freeman berperan sebagai Lucius Fox yang merupakan sosok yang banyak membantu Batman untuk menyediakan peralatan serta kendaraan canggih dalam mendukung aksinya untuk memberantas kejahatan.

5. Robin Hood: Prince of Thieves (1991)

Film Robin Hood 1991 ini disutradarai oleh Kevin Reynolds dan diperankan oleh Kevin Costner sebagai Robin Hood dan Morgan Freeman sebagai Azeem. Film yang tayang pada 1991 ini menceritakan mengenai Robin of Loxley yang dikirim wajib militer perang salib oleh Sheriff Nottingham dan harus meninggalkan kekasihnya.

Empat tahun kemudian ketika ia berperang di Jazirah Arab, ia hampir dibunuh oleh Yahya ibn Umar. Ketika ia kembali lagi ia justru bertemu dengan Yahya alias John di Nottingham.

Situasi di sana sudah berubah dan dipenuhi dengan ketidakadilan karena Sheriff Nottingham memerintah dengan kejam dan menarik pajak untuk memperkaya diri. Melihat ketidakadilan tersebut Robin dan John pun akhirnya membalas dendam menggunakan tudung dan menjadi Robin Hood yang menentang Sheriff Nottingham.

Film ini dipenuhi dengan aksi kejar-kejaran hingga panah memanah yang tentunya akan membawa penonton kepada aksi yang menegangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.