Sukses

Kejurnas Bola Voli di Solo, Ketua PP PBVSI Berharap Muncul Atlet Muda Berbakat

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 53 tim mengikuti Kejurnas Bola Voli Antarklub U-17 di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Minggu (20-27/11/2022). Puluhan tim dari 17 provinsi itu terdiri atas 29 tim putra dan 24 tim putri akan ikut berlaga dalam kejurnas tersebut.

Selama beberapa hari ke depan, masing-masing tim akan bersaing meraih juara terbaik. Panitia penyelenggara menyediakan dua lapangan selama kejurnas yang disiarkan secara langsung oleh Moji TV dan Vidio.com tersebut. Pertandingan berlangsung secara maraton dari pagi hingga malam hari.

Kejurnas kali ini dibuka langsung Ketua PP PBVSI, Imam Sudjarwo. Dalam sambutannya, Imam Sudjarwo, menyampaikan kegiatan ini merupakan program tahunan PP PBVSI yang bertujuan menjaring atlet muda berbakat di masa mendatang. Regenerasi atlet penting guna menggantikan atlet-atlet senior.

"Pengalaman beberapa tahun yang lalu berturut-turut kita juga mendapatkan atlet-atlet muda berbakat dari gelaran U-17 ini. Semoga muncul atlet-atlet baru yang dapat berlaga di tingkat nasional dan Internasional," kata dia di GOR UTP Solo, Minggu (20/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tembus Kancah Internasional

Kejurnas Bola Voli Antarklub U-17 pada tahun ini diikuti 53 klub putra dan putri yang berasal dari 17 provinsi di Indonesia. Adapun tim voli putra yang mengikuti kejuaraan ini sebanyak 29 klub, sedangkan tim boli putri yang ikut sebanyak 24 klub.

“Ini luar biasa. Tentu harapan kita akan muncul atlet-atlet baru lah,” ujar Imam Sudjarwo yang juge menjabat sebagai Direktur Utama Indonsiar dan Direktur SCM.

Imam Sudjarwo mengatakan bola voli Indonesia saat ini menduduki peringkat I di tingkat Asia Tenggara. Hal itu baik voli indoor ataupun voli pantai. Seperti diketahu tim bola voli Indonesia menjadi juara umum di dua SEA Games secara berturut-turut.

"Peringkat itu wajib dipertahankan. Agar bisa bicara di dunia Internasional," katanya.

3 dari 3 halaman

Pembinaan Atlet Bola Voli Sejak Dini

Dengan demikian, Imam pun mengungkapkan upaya pembinaan cabang olahraga bola voli akan dilakukan sepanjang tahun. Tak hanya Kejurnas Bola Voli antarklub U-17 tetapi juga untuk jenjang usia berikutnya seperti U-19 hingga penyelenggaraan Pro Liga yang bakal digelar pada tahun depan.

“Nanti ada U-19 yang akan kita laksanakan pada bulan Desember. Kemudian baru saja selesai Livoli Divisi 1 dan Divisi Utama. Kemudian nanti puncaknya kita akan mainkan lagi untuk Pro Liga mulai tanggal 5 Januari sampai dengan 19 Maret mendatang,” ujar dia.

Ketua Panitia Kejurnas Bola Voli Antarklub U-17 di Solo sekaligus Wakil Rektor II (Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Aset) UTP Solo, Teguh Santosa, mengatakan Kejurnas U-17 Solo ini bertujuan meningkatkan penjaringan atlet-atlet muda yang berpotensi dan berprestasi untuk maju di tingkat nasional. Kelak, juga berpotensi mewakili Indonesia di kejuaraan Internasional.

“Di ajang ini, kami akan melihat atlet-atlet muda usia 17 tahun yang tentunya memiliki bakat olahraga, khususnya bola voli dari berbagai provinsi di Indonesia. Nantinya dapat maju mewakili Indonesia di ajang Internasional,” katanya.

Teguh mengajak masyarakat Solo dan sekitarnya menyaksikan dan mendukung tim favorit di Kejurnas Voli U-17 kali ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS