Sukses

Deretan Makanan yang Baik untuk Bekal Anak Sekolah

Anak-anak kerap memilih jajan sembarangan di luar dan mengabaikan bekal yang dibawanya dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah laku anak terkadang memang menggemaskan terutama jika menyangkut soal makanan. Mereka seringkali suka pilih-pilih makanan dan cenderung lebih tertarik dengan makanan anak yang warnanya mencolok atau bentuknya yang unik. 

Meskipun orangtua sudah memberi bekal makanan untuk anaknya, tetapi mereka ada yang memilih jajan sembarangan di luar dan mengabaikan bekal yang dibawanya dari rumah. 

Hal itu disebabkan karena anak-anak tidak selalu lahap untuk menghabiskan bekal makanannya. Kemungkinan mereka merasa bosan atau kurang suka dengan bekal yang terlalu biasa. 

Sebagai orangtua, khususnya para ibu, tentunya harus memiliki ide kreatif dalam menciptakan bekal menarik dan bergizi untuk buah hatinya.

Anda dapat mengkreasikan menu bekal sekolah untuk anak dengan bahan yang sederhana dan cepat dalam pengolahannya. 

Dengan demikian, sang anak pun akan lebih bersemangat menyantap bekal yang dibawakan oleh ibunya.

Untuk menambah referensi Anda membuat bekal makanan yang sehat, inilah beberapa rekomendasi bekal yang bisa Anda buat untuk buah hati tercinta:

Burger Tempe

Menu bekal sekolah yang satu ini cukup unik dan menarik namun tetap kaya akan gizi untuk sang anak. Anda bisa kreasikan tempe menjadi sebuah burger mini yang sehat dan lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat burger tempe yaitu: 150 gram tempe, 5 gram tepung roti, 4 buah roti burger, 2 butir telur ayam, 4 sendok saus tomat, 1 siung bawang cincang halus sudah ditumis, ½ sendok margarin, keju slice, selada air, irisan tomat, mentimun serta garam dan lada secukupnya. 

Cara pembuatannya yaitu Anda campurkan tempe yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan tepung roti. Masukan telur, tumisan bawang putih, garam dan lada semua diaduk hingga rata. Setelah itu, Anda bentuk adonan menjadi bulat pipih seperti patty isian untuk burger.

Lalu Anda goreng tempe yang sudah dibentuk, tunggu hingga matang dan berwarna kecokelatan. Selanjutnya Anda siapkan roti burger dan oleskan saus tomat, isi dengan tempe, keju slice, selada, irisan tomat dan mentimun. Roti burger tempe mini kini sudah siap disajikan untuk bekal si kecil.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pizza Roti Tawar

Pizza menjadi salah satu makanan favorit bagi anak-anak. Anda tentu dapat membuat pizza menggunakan roti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza yaitu 2 lembar roti tawar, 2 sendok mayones, 50 gram keju parut, 4 sendok saus tomat, 2 buah sosis sapi iris tipis, 2 sendok margarin, jagung, bawang bombay, dan tomat secukupnya. 

Adapun cara membuatnya pertama-tama Anda tumis sosis dan bawang bombai yang sudah diiris lalu sisihkan. Rebuslah jagung sebentar dan tiriskan. Setelah itu, oleskan satu lembar roti dengan saus tomat dan mayones. Lapisi roti dengan bawang bombai, jagung rebus, dan tomat di atas roti yang telah diolesi mayones dan saus.

Selanjutnya, oleskan margarin di atas teflon, masukan roti dan masak hingga berwarna kecokelatan hingga topping menempel dengan sempurna. Jika sudah matang segera tiriskan dan pizza roti tawar siap disantap.

Sandwich

Ide menu untuk bekal makanan anak yang bisa dicoba selanjutnya adalah membuat sandwich. Makanan sandwich kaya akan serat dan nutrisi yang bergizi. Agar bekal sandwich tetap nikmat dan sehat, Anda harus menggunakan bahan baku yang tepat. Pilihlah roti gandum karena kandungan seratnya lebih banyak. 

Sedangkan untuk isinya Sahabat dapat menambah porsi sayuran hijau seperti selada pada sandwich. Bahan-bahan yang diperlukan untuk sandwich antara lain: roti (utamakan roti gandum), selada, keju mozzarella, tomat, potongan daging ayam dan saus mayonnaise. Kandungan protein yang terdapat pada daging ayam dapat menambah energi pada tubuh untuk beraktivitas. 

Biasanya anak-anak juga menyukai makanan berbahan baku ayam. Selain ayam, Anda bisa mengganti bahan proteinnya dengan potongan telur atau ikan tuna. Untuk tambahan sayuran hijau, Anda juga bisa menambahkan brokoli untuk isi sayuran pada sandwich.

Bento Box

Bekal menu yang satu ini paling banyak disukai oleh anak-anak karena kemasannya yang praktis dan lucu. Anda tentu bisa membuat kreativitas untuk mempercantik tampilan bento agar sang anak semakin bertambah nafsu makannya. Bekal roti tawar biasanya menjadi bahan makanan yang paling simple digunakan sebagai bekal. 

Anda bisa membuat bento box dengan bahan baku roti tawar. Susun dan tata roti pada box bento/tempat makan agar tampil lebih menarik. Anda dapat menambah hiasannya dengan tambahan yang lain seperti sosis, nugget, selada, salad dan lain-lain. 

Anda juga bisa membekali bento dengan bahan mie spaghetti. Sahabat dapat menghiasnya membentuk karakter Winnie the pooh.

Selain roti dan mi, Anda juga dapat menggunakan bahan baku bekal makanan yaitu nasi. Anda bentuk nasi menjadi kepalan mungil dan dihias seperti boneka panda. Untuk hiasan warna hitamnya, Anda dapat menambahkan potongan nori. 

Jika anak Anda menyukai angry bird, Anda dapat menghias nasinya dengan tambahan wortel sebagai hiasan. Ada banyak karakter kartun yang bisa Anda tiru untuk menarik perhatian anak tercinta. Anda dapat menghiasnya dalam bentuk hello kitty, elmo, beruang, kucing, dan apapun model yang Anda inginkan. Kreasikan semenarik mungkin dan jangan lupa menambahkan bahan makanan pendamping yang sehat, misalnya sayuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.