Sukses

5 Pernyataan Sikap Keluarga Alumni UGM Fakultas Kehutanan Soal Ijazah Palsu Jokowi

Liputan6.com, Yogyakarta - Keluarga Alumini Unibersitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Kehutanan membantah isu ijazah palsu Jokowi. Bahkan, mereka mengeluarkan lima pernyataan sikap terkait isu tersebut, Jumat (21/10/2022).

KAGAMA Bantuan Hukum dan KAGAMAHUT Angkatan 1980 menyatakan pernyataan sikap dan tuntutan sebagai berikut:

1. Ova Emilia selaku rektor UGM Yogyakarta telah menyatakan pada 11 Oktober 2022 bahwa ijazah S-1 Joko Widodo adalah asli dan benar adanya, dengandemikian ijazah tersebut sah di hadapan hukum.

2. Bahwa berdasarkan keterangan KAGAMAHUT Angkatan 1980,  Joko Widodo adalah mahasiswa Fakultas Kehutanan Angkatan 1980 dan telah diwisuda pada bulan November tahun 1985.

3. KAGAMAHUT Angkatan 1980 dan KAGAMA Bantuan Hukum mengecam segala bentuk kesesatan informasi dan berita bohong yang ditudingkan terhadap Joko Widodo sebagai Alumni Fakultas Kehutanan UGM, khususnya tentang isu penggunaan ijazah palsu.

4. Mengiimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong dan informasi yang menyesatkan.

5. Meminta kepada siapa pun yang telah menyebarkan informasi sesat dan berita bohong untuk segera menghentikan perbuatannya karena adanya konsekuensi hukum atas perbuatan melawan hukum tersebut.

"Kami tentu tidak menerima apabila ada kesesatan informasi dan berita bohong yang ditudingkan kepada Keluarga Alumni Gadjah Mada termasuk kepada Bapak Joko Widodo. Oleh karena itu kami meminta agar segera dihentikan penyebaran informasi yang tidak benar," ujar Ketua KAGAMA Bantuan Hukum Romulo Silaen dalam konferensi pers.

Konferensi pers juga dilanjutkan dengan penyampaian testimoni dari sejumlah sahabat Joko Widodo yang merupakan alumni angkatan 1980.

"Sebagai sesama alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Angkatan 1980, kami turut bertanggung jawab secara moral untuk meluruskan isu yang beredar mengenai ijazah  Joko Widodo, kami semua adalah saksi sebagai rekan-rekan satu angkatan Bapak Jokowi," ujar Mustoha Iskandar, pic KAGAMAHUT angkatan 1980.

Ia menilai sejak dulu Jokowi tidak berubah, rendah hati dan sederhana. Cerita-cerita ini bukan hanya datang darinya saja.

“Tetapi dari teman-teman KAGAMAHUT yang lain. Jadi ketika ada informasi yang tidak benar soal beliau yang berhubungan dengan Fakultas Kehutanan UGM, KAGAMAHUT pasti siap meluruskan," kata Mustoha.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS