Sukses

Fans BTS Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Nyaris Capai Rp75 Juta

Liputan6.com, Bandung - Penggemar idol grup Bangtan Sonyeondan alias BTS di Indonesia, ARMY Indonesia menggelar penggalangan dana untuk korban kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Penggalangan dana tersebut dilakukan memakai platform kitabisa.com. Pantauan Liputan6.com, Selasa (4/10/2022), dana yang terhimpun hingga pukul 07.00 WIB mencapai Rp71.547.080 dari target dana Rp75 juta yang akan didonasikan.

"Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya," tulis inisiator penggalangan dana BTS ARMY PROJECT yang akunnya sudsh terverifikasi.

Para ARMY Indonesia menunjukkan empati dan solidaritasnya atas insiden yang menewaskan sedikitnya 125 suporter dari bernagai usia tersebut.

"Kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat untuk membantu dan mengirim doa sebanyak-banyaknya bagi para korban," ungkap BTS ARMY PROJECT.

Bantuan dari ARMY dan masyarakat Indonesia tersebut akan disalurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkan.

Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang2728.

"Untuk kalian ARMY dan para #OrangBaik yang menyayangi sesama, buktikan rasa sayang kalian kepada saudara setanah air dan juga kepada sesama dengan ikut berkontribusi dan ikut berdonasi," kata BTS ARMY PROJECT.

Donasi sendiri seperti dicantumkan di laman kitabisa.com masih berlangsung hingga 12 hari ke depan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

ARMY Indonesia sendiri memang bukan kali pertama menggalang dana sosial untuk masyarakat. Tercatat, akun BTS ARMY PROJECT selama kurun waktu 2022 ini sudah dua kali menggalang dana.

Pertama pada 28 April 2022, donasi untuk melakukan Transplantasi Terumbu Karang pada media tanam berbentuk Logo BTS dan membuat TAMAN LAUT bertema BTS dalam rangka Anniversary BTS yang ke 9 tahun.

Kedua pada 25 Juli 2022, dalam rangka perayaan ulang tahun Sang Leader Kim Namjoon dan Golden Maknae Jeon Jungkook, donasi untuk melaksanakan projek yang diberi judul "KONSERVASI PENYU" yaitu dengan mengadopsi 2.000 ekor penyu atas nama Namjoon dan Jungkook melalui bantuan BBC Senggigi dan Pokmaswas Pandanan yang akan dilepaskan di lokasi Taman Laut BTS dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.