Sukses

Jangan Lakukan Ini Saat Kulit Wajah Berjerawat

Liputan6.com, Jakarta - Merawat kulit sensitif memang tidak selalu mudah. Salah pemilihan skincare akan dapat memperburuk kondisi kulit. 

Kulit yang berjerawat menjadi tantangan bagi kita khususnya kaum hawa. Namun, kemunculan jerawat sebaiknya tidak perlu menjadi risau.

Sejumlah cara mudah diterapkan saat anda sedang muncul jerawat wajah. Hanya saja, membutuhkan waktu dan kesabaran hingga jerawat hilang.

Alih-alih mencoba menghilangkan jerawat sendiri, kulit justru akan menjadi semakin meradang jika asal bertindak.

Beberapa tindakan ini sebaiknya kita hindari saat kulit sedang mengalami jerawat meradang : 

Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Pola hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Benarkah mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat memicu jerawat? 

Salah satu jurnal ilmiah yakni JAMA Dermatology, melakukan penelitian ilmiah besar yang melibatkan 25.000 orang dewasa di Prancis. 

Dalam penelitiannya, seseorang yang lebih banyak mengkonsumsi susu, coklat, makanan cepat saji, makanan berlemak dan mengandung gula cenderung memiliki permasalahan kulit berjerawat. 

Dalam studi ini juga di jelaskan keterkaitan antara makanan dengan munculnya jerawat akibat kadar glikemik dan gula yang tinggi, sehingga kadar insulin dalam tubuh meningkat dan menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan timbulnya jerawat. 

Memencet Jerawat 

Memencet jerawat bukanlah solusi untuk mengakhiri permasalahan pada kondisi kulit yang sedang berjerawat. Sebab tindakan yang dilakukan secara mandiri ini bisa mengakibatkan infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang masuk ke dalam pori-pori. 

Alih-alih sembuh, memencet jerawat justru akan meninggalkan noda hitam dan bopeng yang sulit hilang pada permukaan kulit wajah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Produk Physical Exfoliator

Kulit yang sedang berjerawat menandakan kondisi kulit sedang sensitif, penggunaan produk Physical Exfoliator dinilai kurang tepat. 

Produk ini biasanya berupa butiran scrub yang memerlukan kita menggosok kulit dan mengangkat sel kulit mati secarara manual. 

Penggunaan produk Physicala Exfoliator pada kulit yang sedanh berjerawat akan memperburuk kondisi kulit, seperti kemerahan, infeksi atau peradangan. 

Produk Skincare Kurang Tepat

Memilih produk perawatan wajah memang harus lebih berhati-hati. Hal ini agar memastikan produk yang akan digunakan memiliki bahan-bahan yang tepat dan aman disesuaikan dengan kondisi kulit kita. 

Memiliki kulit yang sensitif biasanya cenderung mudah berjerawat. Ada baiknya hindari beberapa kandungan skincare berikut agar tidak terjadi iritasi dan memeperburuk kondisi kulitmu. 

Produk skincare yang mengandung parfum sintestis dapat membuat isiratsi pada wajah. Kandungan ini sering ditemukan pada produk pencuci wajah. 

Retinol, kandungan telah terbukati dapaf menyamarkan garis-garis halus dan meratakan warna kulit. Kandungan ini biasanya ditemukan pada produk anti penuaan. Namun sebaiknya tidak disarankan untuk digunakan pada kondisi kulit yang sedang berjerawat ya. 

Alkohol dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga merangsang kelenjar minyak untuk lebih banyak memproduksi minyak (sebum). Kondisi ini bisa mengakaibatkan tersumbatnya kelenjar kulit akibat sebum berlebih. Pada saat inilah bakteri bekerja dan mengakibatkan peradangan jerawat.

Terlalu Sering Mencuci Wajah 

Mencuci wajah menjadi bagian dari aktifitas sehari-hari yang tidak boleh terlewatkan. Namun tahukah kamu, jika terlalu sering mencuci wajah akan berdampak buruk bagi kulit ? 

Mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulit terasa kering hingga menghilangkan kelembapan alami pada kulit. 

Pada kondisi kulit yang sedang berjerawat, sebaiknya hindari tindakan ini, karna akan membuat kondisi kulit menjadi lebih parah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.