Sukses

Kebakaran Ilalang Diduga Jadi Pemicu Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan-Pemalang

Liputan6.com, Semarang - Kebakaran ilalang diduga memicu kecelakaan beruntun di ruas tol Pejagan-Pemalang di km 253 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (18/9/2022). Polisi saat ini masih menyelidiki dugaan penyebab kecelakaan beruntun tersebut.

"Masih didalami, apakah ilalang ini terbakar atau dibakar," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryonugroho, di Semarang, Senin (19/9/2022).

Agus menjelaskan, tim laboratorium forensik sudah diterjunkan ke lokasi kejadian, dan juga satuan lalu lintas sudah berkoordinasi dengan satuan reserse kriminal dalam upaya pengungkapan kasus tersebut.

Sementara untuk mencegah hal serupa terjadi, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan badan pengelola jalan tol untuk melakukan upaya antisipasi.

Sebelumnya, satu orang tewas dalam kecelakaan beruntun di tol Pejagan-Pemalang yang melibatkan 13 kendaraan bermotor di KM 253, Kabupaten Brebes.

Menurut polisi, asap tebal akibat ilalang yang terbakar di tepi jalan tol menyebabkan pengendara mengurangi kecepatan akibat jarak pandang terganggu sehingga belasan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Korban Meninggal

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana membenarkan putra bungsu Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Amir Yanto meninggal dunia, dalam kecelakaan beruntun di Brebes, Jawa Tengah.

“Benar (Putra Jamintel tewas dalam kecelakaan),” kata Ketut kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin dini hari.

Kebenaran informasi tersebut diperoleh setelah Ketut mendatangi rumah duka di Jakarta pada Minggu malam guna memastikan kabar yang beredar di masyarakat.

Kabar meninggalnya putra bungsu Jamintel Kejagung Amir Yanto beredar lewat pesan berantai yang berbunyi “Innalilllahi Wa Innailahi Rojiun, kabar duka telah Wafat Ananda Muhammad Singgih Adika Bin Amir Yanto (Lahir: Depok, 24 Agustus 1999 - Wafat: Brebes, 18 September 2022) putra bungsu Jaksa Agung Muda Intelejen Dr Amir Yanto pada malam ini 18 September 2022 . Mohon doa Bapak dan ibu sekalian”.

Selain itu, sejumlah pejabat Adhyaksa juga menggunggah status di aplikasi obrolan instans WhatsApp yang menyampaikan rasa belasungkawa atas musibah yang dialami keluarga Jamintel Amir Yanto. Salah satunya unggahan mantan Kasipenkum DKI Jakarta Nirman Nawawi.

Kecelakaan beruntun terjadi sekitar pukul 14.15 WIB melibatkan kurang lebih delapan kendaraan. Peristiwa tersebut menewaskan satu orang dan belasan orang lainnya luka-luka.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Iqbal Alqudusy membenarkan peristiwa kecelakaan beruntun yang dipicu oleh asap tebal akibat pembakaran ilalang di pinggiran tol.

“Asap akibat pembakaran itu menyebabkan jalan menjadi gelap sehingga terjadi kecelakaan beruntun,” kata Iqbal.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS